1 Juli Jakarta Larang Pusat Perbelanjaan, Swalayan, dan Pasar Gunakan Kantong Plastik

GenBisnis, Jakarta – Per 1 Juli 2020 besok, DKI Jakarta akan memberlakukan aturan tentang larangan penggunaan plastik sekali pakai untuk setiap pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat.

Peraturan ini sesuai Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan.

Dalam aturan tersebut, setiap pengelola pusat perbelanjaan dan pasar rakyat diharuskan memberitahukan larangan penyediaan kantong plastik sekali pakai kepada pelaku usaha. Kemudian dalam pelaksanaannya, setiap pelaku usaha hanya boleh menyediakan kantong ramah lingkungan yang tidak gratis.

Pergub yang diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah ditandatangani sejak 27 Desember 2019 dan diundangkan pada 31 Desember 2019.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut sejumlah fakta terkait pelaksanaan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai

Baca Juga :  Ancol dan Ragunan Segera di Buka, Yang Boleh Masuk Hanya Pengunjung KTP Asli Jakarta

1. Berlaku 1 Juli 2020

Pengelola pusat perbelanjaan dan pasar rakyat diwajibkan memberitahukan aturan tersebut berada para pelaku usaha. Lalu, para pelaku usaha dilarang menyediakan kantong plastik sekali pakai dan diganti kantong ramah lingkungan yang berbayar.

Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Rahmawati menyebut Pergub tersebut akan diberlakukan pada Juli 2020. Sebab, akan didahului dengan adanya sosialisasi kepada masyarakat selama enam bulan.

“Sosialisasi dulu selama enam bulan sejak diundangkan (Januari sampai Juni 2020),” ucap Rahmawati.

Leave a Reply