10 Ide Bisnis Mahasiswa

Genbisnis – Aktivitas belajar mengajar selama pandemi begitu terhambat, hal ini terjadi juga pada para mahasiswa. Proses perkuliahan yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, terpaksa harus beralih menjadi perkuliahan online. Hal ini memberikan mahasiswa lebih banyak waktu di rumah. Mungkin Sebagian dari mereka merasa perlu bertindak dimasa sulit pandemi ini, dan mendapatkan tambahan pendapatan. berikut beberapa ide yang bisa kamu pakai untuk menambah pendapatan selama pandemi.

1. Online shop

Memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce yang bisa diakses dengan mudah, kita bisa memulai online shop sendiri. Jika kamu tidak memiliki banyak modal untuk memulai online shop, kamu bisa memanfaatkan fitur reseller yang disediakan oleh suplier.

Triknya agar kamu bisa mendapatkan keuntungan sesuai yang kamu harapkan, kamu harus rajin mencari informasi suplier dengan harga yang sesuai kemampuanmu. Manfaatkan juga jasa dropship yang disediakan suplier agar kamu tidak perlu menyetok barang dan memikirkan proses pengirimannya. Bisnis yang bisa kamu pilih untuk dijual secara online adalah pakaian, sepatu, aksesoris dan merchandise lucu.

Baca Juga :  Resmi! 30 April Nanti HOOQ Akan Ditutup

2. Thrifting shop

Thrifting atau barang branded tangan kedua kini sedang naik daun. Sebab, kamu bisa memiliki barang bermerek dengan harga yang sangat murah. Jika kamu senang thrifting, kamu bisa memanfaatkannya dengan menjualnya kembali. Kamu harus siapkan tenaga untuk mencari barang-barang thrifting di pasar. Jangan lupa untuk teliti sebelum membelinya agar kamu mendapatkan barang yang bagus dengan kondisi reject yang minimal.

3. Desain grafis

Memanfaatkan keahlianmu dalam bidang desain ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kamu bisa membuka jasa desain undangan, ilustrasi, atau desain kaos. Manfaatkan sosial media untuk menampilkan portofolio karya yang pernah kamu buat. Jangan ragu untuk menawarkan jasa desainmu kepada kerabat dekat sebagai pengguna jasa pertamamu.

Baca Juga :  Ingin Sukses Bisnis Food and Beverage? Inilah Rahasianya

4. Jasa ketik dan penerjemah

Bagi sebagian orang, mengetik menjadi pekerjaan yang cukup berat dan membosankan. Bermodalkan laptop yang kamu miliki, kamu bisa menawarkan jasa ketik untuk mereka yang membutuhkan. Biasanya honor sebagai jasa ketik dihitung berdasarkan banyaknya halaman yang kamu kerjakan. Lumayan banget, kan?

Selain sebagai jasa ketik, kalau kamu menguasai bahasa lain (atau minimal bahasa Inggris), kamu bisa membuka jasa penerjemah. Biasanya penerbitan buku, baik indie maupun mayor, membutuhkan jasa penerjemah lepas untuk menerjemahkan buku yang akan diterbitkan. Bahkan, kamu bisa mengerjakan pekerjaan ini dari rumah tanpa harus sering ke kantor.

Leave a Reply