10 Negara Terkaya Dunia, Adakah Indoneisa?

Genbisnis – Kondisi ekonomi Negara kita telah menjadi sorotan masyarakat, terutama pada masa pandemi. Namun tahukan sobat bisnis bagaimana posisi kekayaan negara-negara di dunia berdasarkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan negara mana saja yang masuk deretan negara terkaya.

Ada beberapa hal yang membuat suatu negara diberi julukan sebagai negara terkaya di dunia, misalnya dari pendapatan per kapita para warga negaranya hingga besarnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Hanya saja, tahun 2020 membuat perekonomian di beberapa negara mengalami resesi, seperti Amerika Serikat, Jerman, Korea Selatan, hingga Singapura. Lantas, apakah negara-negara tersebut masih masuk daftar negara terkaya di dunia?

Negara-Negara Terkaya Dunia Berdasarkan GPD/PDB

1. Amerika Serikat

PDB Nominal AS: $ 21,44 triliun – PDB AS (PPP): $ 21,44 triliun

AS tetap mempertahankan posisinya sebagai ekonomi terbesar dunia sejak 1871. Besarnya ekonomi AS berada di angka $ 20,58 triliun pada tahun 2018 secara nominal dan diperkirakan akan mencapai $ 22,32 triliun pada tahun 2020. AS sering dijuluki sebagai negara adidaya ekonomi dan Itu karena ekonomi merupakan hampir seperempat dari ekonomi global, didukung oleh infrastruktur canggih, teknologi, dan sumber daya alam yang melimpah.

2. Cina

PDB Nominal Tiongkok: $ 14,14 triliun – PDB Tiongkok (PPP): $ 27,31 triliun

China telah mengalami pertumbuhan eksponensial selama beberapa dekade terakhir, memecahkan hambatan ekonomi tertutup yang direncanakan secara terpusat untuk berkembang menjadi pusat manufaktur dan ekspor dunia.

Baca Juga :  Angka Kematian Tertinggi di Indonesia, Jatim Siapkan Sistem Rujukan Satu Pintu

China sering disebut sebagai “pabrik dunia”, mengingat basis manufaktur dan ekspornya yang besar. Namun, selama bertahun-tahun, peran jasa secara bertahap meningkat dan manufaktur sebagai penyumbang PDB relatif menurun.

Kembali pada tahun 1980, China adalah ekonomi terbesar ketujuh, dengan PDB $ 305,35 miliar, sedangkan ukuran AS saat itu adalah $ 2,86 triliun. Sejak memulai reformasi pasar pada tahun 1978, raksasa Asia tersebut telah melihat pertumbuhan ekonomi rata-rata 10% setiap tahun. Dalam beberapa tahun terakhir, laju pertumbuhan telah melambat, meskipun tetap tinggi dibandingkan dengan negara-negara sekitarnya.

3. Jepang

Jepang PDB Nominal: $ 5,15 triliun- PDB Jepang (PPP): $ 5,75 triliun

Jepang adalah ekonomi terbesar ketiga di dunia, dengan PDB-nya melewati angka $ 5 triliun pada tahun 2019. Krisis keuangan tahun 2008 mengguncang ekonomi Jepang dan sejak saat itu merupakan masa yang menantang bagi ekonominya. Krisis global memicu resesi, diikuti oleh permintaan domestik yang lemah dan hutang publik yang besar. Ketika perekonomian mulai pulih, ia mengalami gempa bumi besar yang melanda negara secara sosial dan ekonomi. Sementara ekonomi telah mematahkan spiral deflasi, pertumbuhan ekonomi tetap tenang.

4. Jerman

Jerman PDB Nominal: $ 3,86 triliun – PDB Jerman (PPP): $ 4,44 triliun

Baca Juga :  Analisis Pengaruh Virus Corona Terhadap Ekonomi Indonesia

Jerman bukan hanya ekonomi terbesar di Eropa tetapi juga yang terkuat. Dalam skala global, ini adalah ekonomi terbesar keempat dalam hal PDB nominal, dengan PDB $ 4 triliun. Ukuran PDB dalam hal paritas daya beli adalah $ 4,44 triliun, sedangkan PDB per kapita adalah $ 46.560 (peringkat ke-18). Jerman adalah ekonomi terbesar ketiga secara nominal pada tahun 1980, dengan PDB $ 850,47 miliar.

5. India

India PDB Nominal: $ 2,94 triliun-PDB India (PPP): $ 10,51 triliun

India adalah ekonomi triliun dolar dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan terbesar kelima secara keseluruhan, dengan PDB nominal $ 2,94 triliun. India telah menjadi ekonomi terbesar kelima pada tahun 2019, menyalip Inggris dan Prancis. Negara ini menempati peringkat ketiga ketika PDB dibandingkan dalam hal paritas daya beli di $ 11,33 triliun. Dalam hal menghitung PDB per kapita, populasi India yang tinggi menyeret PDB nominal per kapita turun menjadi $ 2.170. Perekonomian India hanya $ 189,438 miliar pada tahun 1980, peringkat ke-13 dalam daftar secara global.

Leave a Reply