10 Negara Terkaya Dunia, Adakah Indoneisa?

Lalu bagaimana dengan posisi Indonesia secara global?

Kita patut berbangga sebagai warga Indoneisa. Walau pun masih belum bisa mencapai posisi 10 besar dunia, namun ternyata posisi Indonesia bisa dibilang cukup bagus. Indonesia menempati posisi 16 dunia setelah Rusia (11), Korea Selatan (12), Spanyol (13), Australia (14), Meksiko (15).

PDB Nominal Indonesia: $ 1,11 triliun – PDB Indonesia (PPP): $ 3,50 triliun

Indonesia adalah ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan ke-16 terbesar di peta global. Perekonomian Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang luar biasa selama dua dekade terakhir. Itu adalah korban dari krisis keuangan Asia pada tahun 1997. Namun, sejak saat itu telah mencatat pertumbuhan yang mengesankan.

Baca Juga :  Kebijakan Baru dari Kemenlu Pendatang Wajib Mengisi Health Alert Card

Perekonomian sekarang menjadi bagian dari klub triliun dolar, dengan PDB nominal $ 1,02 triliun. Bank Dunia mengutip kemajuan luar biasa dalam pengurangan kemiskinan “memangkas tingkat kemiskinan menjadi lebih dari setengah sejak 1999, menjadi 10,9% pada 2016.”

PDB per kapita $ 3.871 jauh lebih tinggi daripada tahun 2000 yang sebesar $ 857. Indonesia, negara terpadat keempat, adalah ekonomi terbesar ketujuh, dengan PDB $ 3,50 triliun dalam hal paritas daya beli. Di antara sektor-sektor, pertanian menyumbang sekitar 14% ke PDB-nya, sementara industri dan jasa masing-masing menambahkan sekitar 43% ke keluarannya.

RID, SUMBER

Leave a Reply