11 Negara Bebas Corona, Maskapai Domestik Terbang Lagi

GenBisnis, Jakarta – Virus Corona masih menjadi perbincangan hangat traveler pekan ini. Khususnya, menyangkut daftar negara bebas COVID-19 dan penerbangan domestik oleh Garuda Indonesia, Citilink, dan grup Lion Air.

Virus Corona menginfeksi 3,52 juta orang di lebih dari 210 negara. Setidaknya, ada 11 negara masih bebas dari pandemi virus Corona. Negara-negara itu adalah Korea Utara, Turkmenistan, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Kiribati, Negara Federasi Mikronesia, Nauru, Niue, Palau, Samoa, dan Tonga.

Jika disimak, sebagian besar dari daftar itu adalah negara-negara yang berupa pulau kecil di tengah lautan. Sehingga, akses orang keluar masuk memang tidak mudah.

Selain 11 negara itu, ada sepuluh tempat lagi yang bebas dari COVID-19. Wilayah-wilayah itu ada di dalam negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Prancis dan Australia.

Baca Juga :  Waspada Penyakit Legionnaire Mengintai Dengan Gejala Mirip Corona

Berita terpopuler lain yang muncul pekan ini adalah dianulirnya larangan terbang rute domestik dari dan ke zona merah hingga 31 Mei 2020. Garuda Indonesia, Citilink, dan grup Lion Air kembali membuka penerbangan, namun bukan untuk mudik.

Maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk kembali melayani penerbangan pada Kamis (7/4) sejak pukul 00.01 WIB. Operasional penerbangan ini sebagai tindak lanjut kebijakan pengendalian transportasi selama Ramadan dan Idul Fitri 1441 H yang mengacu pada ketentuan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020.

Layanan penerbangan tersebut akan dioperasikan mengacu pada ketentuan kriteria masyarakat yang dapat mengakses layanan transportasi pada masa pandemi COVID-19. Seperti, penumpang yang akan melaksanakan tugas kedinasan, kepentingan umum, kesehatan dan medis, masyarakat yang akan pulang ke daerah asal, kebutuhan repatriasi, layanan fungsi ekonomi penting, serta mobilisasi pekerja migran Indonesia.

Baca Juga :  Mantab! Huawei Geser Samsung Rajai Ponsel Dunia

Citilink kembali membuka rute penerbangan sehari kemudian atau 8 Mei. Adapun grup Lion Air memulai terbang di rute domestik lagi pada 10 Mei.

(HG) Sumber.

Leave a Reply