3 Bisnis Yang Tidak Mati Selama Pandemi Covid 19

KOMPAS.com – Mencari pekerjaan tidak mudah. Apalagi saat pandemi Covid-19 ini. Namun, apabila seorang punya semangat bekerja keras, maka niscaya terdapat jalannya.

Terlebih apabila mau memanfaatkan peluang, maka sebagai pengusaha merupakan salah satu jawabannya. Hal ini coba dibeberkan oleh dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM), Putra Hilmi, S.Pd., M.Pd.

Menurut Putra, jadi pengusaha adalah salah satu pilihan saat menempuh karir menjadi seorang profesional muda. Ekonomi lokal semakin bergeliat ditandai dengan semakin banyaknya produk-produk lokal yang dikelola berbasis teknologi informasi & komunikasi.

Adapun bisnis yang cocok dalam masa pandemi diantara:

  1. Makanan

Khususnya kuliner yang tahan lama misalnya frozen food, lantaran dalam masa pandemi warga akan berusaha buat seminimal mungkin keluar tempat tinggal buat belanja.

Dan Ketika belanja kebutuhan kuliner mereka akan menentukan bahan kuliner yang tahan buat beberapa hari ke depan.

  1. Kurir

Sebagai substitusi warga yang menghindari keluar tempat tinggal , maka segala kebutuhan akan diupayakan melalui jasa kurir, entah itu buat belanja, londri, atau apapun.

  1. Bisnis online
Baca Juga :  Ide Bisnis Menarik, Hanya Dengan Modal Mulai Sejutaan

Apapun bisnisnya semua mampu dilakukan secara online. Atau istilahnya, apabila ingin bertahan pada masa pandemi maka wajib bisa dijual secara online.

“Semua usaha baik berdari orientasi usaha kita dari kebutuhan pasar, kita benar-benar bisa menyediakan produk yg diharapkan oleh warga ,” ungkapnya seperti dikutip menurut laman UM, Jumat (11/9/2020).

Menurut dia, usaha itu bukan lantaran impian yg sembarangan atau lantaran ingin bergaya saja. Namun usaha yg sinkron diharapkan warga .

Tak hanya itu saja, supaya usaha semakin berkembang, maka diharapkan kerjasama para pihak terkait buat bisa berbagi keunggulan lokal mereka sebagai sebuah potensi usaha yg menjanjikan.

Pemerintah lokal menjadi penentu kebijakan, warga setempat menjadi pelaku, & pihak partikelir menjadi investor wajib bersinergi pada menyusun suatu kerangka usaha yg bertenaga & saling menguntungkan.

Baca Juga :  16 Tahanan Di Bekasi Kabur Saat Berjemur

Agar sukses menggunakan usaha online, maka wajib :

Mempelajari copywriting
SEO (Search Engine Optimization)
SEM (Search Engine Marketing)
Social media marketing
Affiliate marketing
Sementara bagi pemula, Putra mengungkapkan kuncinya terdapat di basic needed. Dalam syarat pandemi ini, tentu usaha harus online.

“Cari usaha yang mampu Anda online-kan & yang berbasis kebutuhan dasar warga . Produk Anda dicari/diharapkan & mampu online meskipun online pada level yang paling sederhana,” tuturnya.

“Anda bisa mencetak poly reseller, maka Anda sukses usaha pada masa pandemi. Lantaran usaha bukan hanya soal seberapa banyak kita bisa menjual, akan tetapi juga seberapa banyak kita bisa mencetak reseller,” tandasnya.

RID, SUMBER

Leave a Reply