4 Franchise Makanan yang Pasti Rame

GenBisnis – Franchise adalah hubungan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa.
Kata lain franchise dalam bahasa Indonesia adalah waralaba. Ada beberapa istilah dalam usaha franchise, yaitu franchise fee, franchisee, dan franchisor.

Franchise fee merupakan biaya awal yang harus dibayarkan sebelum waralaba beroperasi. Pembayaran awal ini berfungsi sebagai lisensi hak merek yang digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Franchisee merupakan pihak perorangan atau badan usahan yang diberikan pemanfaatan waralaba. Sedangkan franchisor merupakan pihak yang memberikan hak pemakaian merk dagang atau kekayaan intelektual pada franchisee.

Banyak franchise yang telah mendunia. Ada banyak jenis franchise, mulai dari makanan dan minuman. Beberapa di antaranya ada di Indonesia. Berikut 4 franchise terbesar di dunia yang sudah ada di Indonesia.

1.McDonald

Restoran cepat saji satu ini tentu sudah tidak asing. Restoran ini pertama kali didirikan oleh dua bersaudara Richard dan Maurice McDonald pada tahun 1948.

Bertempat di San Bernardino, California, Amerika Serikat, mereka menyajikan burger, milkshake, dan tentunya kentang goreng. Dulunya yang membuat restoran McDonald bersaudara ini menarik adalah layanan Speedee Service System.

Pada tahun 1954, seorang pebisnis bernama Ray Kroc menemui dua bersaudara McDonald dan tertarik untuk menawarkan program franchise pada mereka. Pada tahun 1955, Kroc pun membuka franchise McDonald pertama di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat. Enam tahun kemudian Kroc membeli hak milih perusahaan dan sepuluh tahun berikutnya, 1000 outlet tersebar di Amerika.

Baca Juga :  Mulai Bisnis Franchise, Modal Tak Sampai 10 Juta

Outlet yang dimiliki oleh franchise makanan ini kini menduduki jumlah sebanyak 33.520 mencakup seluruh dunia. Setidaknya ada sekitar 118 negara yang memiliki outlet franchise makanan satu ini. Dalam setiap detiknya, Mc Donalds mampu menjual burger sebanyak 75 buah.

2.KFC

Pada 9 September 1890 di Amerika, lahirlah Kolonel Harland Sanders. Kolonel Harland merupakan pendiri Kentucky Fried Chicken (KFC) yang kini tengah dinikmati satu miliar orang di seluruh dunia dalam sehari. Siapa sangka orang yang dahulunya merupakan seorang tukang parkir dan kuli, kini dikenal karena kegigihannya menjalani hidup.

Kolonel Harland pada tahun 1906 merupakan bagian dari Angkatan Darat yang dikirim ke Kuba. Kemudian setelah masa pensiunnya tiba, Ia bergabung menjadi pemadam kebakaran kereta api.

Bekerja sambal bersekolah, Kolonel Harland mampu menyelesaikan pendidikannya di bidang hukum. Ia sempat menjadi seorang pengacara dan berhenti pada tahun 1929. Pada tahun yang sama ia memutuskan untuk membuka stand servis mobil.

Berangkat dari celotehan orang lain yang mengeluh tidak ada rumah makan yang bagus di kotanya, Kolonel Harland berkeinginan untuk mendirikan rumah makan. Kolonel Harland sangat menyukai ayam goreng.

Pada tahun 1939, Ia menemukan cara jitu menggoreng ayam. Pada usia 70 tahun, Kolonel Harland baru merasakan kesuksesannya di bidang memasak.

Pada tahun 2012, tercatat KFC memiliki gerai sebanyak 17.000. Franchise makanan ini pertama kali dibuka di Indonesia pada tahun 1917 di Jakarta

3. Burger King

Burger King merupakan franchise makanan yang didirikan oleh David Edgerton dan James McLAmore. Kadua alumni Cornell University ini mendirikan Burger King pada tahun 1954 di Miami, Florida.

Baca Juga :  Ngidam Kebab, Kini Vanesa Angel Geluti Bisnis Kuliner

Di akhir tahun 2013, Burger King tercatat memiliki 13.000 gerai di 79 negara. Burger King tercatat pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1980-an dan sempat berhenti pada tahun 1998. Krisis moneter nampaknya juga berimbas pada berhentinya operasional Burger King di Indonesia.

Setelah mengalami imbas krisis moneter, Burger King kembali membuka gerai di Indonesia pada tahun 2007. Gerai pertama burger King berada di Senayan City, Jakarta. Mitra Adiperkasa berada dibalik pengoprasian kembali Burger King di Indonesia. Tidak hanya Burger King, Mitra Adiperkasi juga menggerakkan operasi dari franchise Starbucks.

4. Pizza Hut

Franchise makanan satu ini berbeda karena menyajikan hidangan Pizza. Perusahaan ini adalah anak dari brand Yum!.

Pizza hut dibuka pertama kali pada tahun 1958 di Kansas, Amerika Serikat. Pendiri Pizza Hut ini adalah Carney bersaudara, yaitu Frank dan Dan. Di Indonesia, Pizza Hut pertama kali dibuka di Jakarta tepatnya di Djakarta Theatre pada tahun 1984.

Gerai pertama ini kemudian berpindah meskipun masih dalam lingkup Thamrin dari Djakarta Theatre ke Gedung Cakrawala. Pizza Hut kini memiliki setidaknya 200 restoran di 22 propinsi di Indonesia. Pada tingkat dunia, Pizza Hut tumbuh menjadi franchise makanan yang memiliki 5.600 gerai di 97 negara.

Leave a Reply