4 Tips Memulai Franchise

Genbisnis – Memulai usaha sendiri, tentu memerlukan daya yang lebih dari pada memilih franchise. Hal ini dikarenakan saat seseorang memulai bisnis dari awal, berarti ia harus menciptakan brand yang mudah dikenali dan menarik bagi pembeli.

Ketika kamu memilih bisnis franchise, maka artinya kamu akan membeli lisensi sebuah merek dagang untuk menjalankan dan melanjutkan merek usaha yang sudah ada.

Walaupun terkesan jauh lebih sederhana dibandingkan usaha yang dirintis sendiri, bisnis franchise juga memiliki potensi untuk gagal seperti bisnis lainnya.

Untuk itulah kamu harus memperhatikan beberapa tips sukses dalam membuka usaha franchise berikut.

#1 Jangan Asal Pilih Franchise!

Jangan asal pilih! Kamu harus sangat teliti dalam memilih usaha franchise. Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah banyaknya peminat terhadap merek franchise yang akan kamu beli.

Salah satu cara untuk melihatnya adalah dengan mengetahui berapa jumlah outlet yang telah tersebar. Semakin banyak outlet yang dimiliki, maka semakin banyak peminatnya dan semakin terkenal merek tersebut.

Jika sudah demikian, maka keuntungan yang akan kamu peroleh nantinya akan semakin terjamin juga.

Selain itu, kamu harus mencari tahu reputasi dan perjalanan bisnis terkait secara menyeluruh. Jika perlu, lakukan survei langsung ke pelaku usaha waralaba yang telah berjalan.

Baca Juga :  8 Cara Jitu Atur Keuangan Dalam Bisnis

Terakhir, pastikan bahwa kamu memilih usaha franchise yang produknya kamu sukai. Sebab, jika kamu saja tidak tertarik, bagaimana dengan orang lain?

#2 Hitung dan Rencanakan Dana dengan Cermat

Kamu harus membuat perencanaan keuangan yang matang sebelum memulai usaha. Hitunglah seluruh biaya yang diperlukan, mulai dari biaya sewa tempat, listrik, air, serta biaya pemasaran dan gaji pegawai.

Anggarkan pendanaan dengan cermat supaya modal usahamu tidak melebihi budget yang telah disiapkan.

Untuk membantu kamu merencanakan keuangan, gunakan aplikasi Finansialku dengan berbagai fitur yang tersedia.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa merencanakan keuangan, mencatat keuangan, dan melakukan konsultasi keuangan. Yuk, download aplikasinya di sini.

#3 Pahami Syarat dan Ketentuan Kerjasama

Siapa yang tidak tergiur mendengar penawaran paket usaha franchise dengan harga murah? Tapi tunggu dulu! Jangan buru-buru mengiyakan, melainkan pahami dulu syarat dan ketentuan yang diberikan.

Mulai dari fasilitas paket yang diberikan, ketentuan royalti atau komisi yang dikenakan, hingga masa ikatan kerja yang berlaku. Jangan sampai terjebak dengan ketentuan yang ditetapkan.

Baca Juga :  10 Kunci Sukses Dibalik Keberhasilan Starbucks Cafe

#4 Pilih Franchise Sesuai Budget

Memang benar bahwa franchise yang telah memiliki nama besar mungkin lebih terpercaya dengan potensi keuntungan yang tinggi. Namun, usaha seperti ini umumnya mematok harga franchise yang cukup tinggi.

Kamu punya budget terbatas? Tak perlu berkecil hati sebab masih banyak franchise yang modalnya terjangkau dengan potensi keuntungan yang tak kalah menarik.

Jadi, sesuaikan saja franchise berdasarkan kemampuan budget-mu dengan memperhatikan tips-tips sebelumnya.

Yuk, Mulai Usaha Franchise!

Usaha gak harus ribet! Dengan bisnis franchise, kamu dapat memulai usaha secara lebih cepat dan mudah. Gak harus mahal kok.

Franchise modal 10 jutaan atau yang lebih terjangkau pun tersedia dan bisa menjadi pilihan. Jika kamu tertarik, pastikan kamu telah memperhatikan aspek-aspek penting sebelum memulai usaha.

Setelah itu, kamu dapat memilih rekomendasi usaha dari yang telah disebutkan di atas. Yuk, mulai berbisnis!

RID, SUMBER

Leave a Reply