5 Tips Mengenali Kriteria Produk Yang Disukai Pelanggan

GenBisnis – Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan, satu hal yang kemudian menjadi prioritas utama Anda dalam berbisnis tentu saja kepuasan konsumen. Tak dapat dipungkiri, nilai yang diberikan konsumen akan sangat memberi pengaruh besar dalam bisnis yang sedang Anda tekuni.

Setiap konsumen pasti menghendaki, uang yang telah dikeluarkannya sebanding dengan apa yang didapatnya. Bila sebaliknya, maka konsumen akan kecewa dan itu artinya kegagalan usaha tinggal menunggu hari saja.

Banyak produk hanya menonjolkan harga yang murah, bentuk yang menarik, hingga kegunaan yang banyak, namun melupakan inti dari produk itu sendiri. Sebuah produk baru bisa dikatakan produk yang baik bila mampu menjalankan fungsi utamanya.

Baca Juga :  Jokowi : 89 Ribu Pekerja Tiba Di Indonesia, Jangan Sampai Jadi Gelombang II Corona

Sebagai contoh, sebuah handphone fungsi utamanya adalah untuk berkomunikasi. Jadi akan menjadi tidak ada artinya meskipun harganya mahal, warnanya dan modelnya bagus, model terbaru, dst, namun untuk menelepon sering putus, baterainya cepat habis, atau tombolnya terlalu sensitif, dan seterusnya.

Sebagai sebuah produk, fungsi utama ini harus dipastikan dulu, baru memperhatikan masalah lainnya, seperti kemasannya, warnanya, bentuknya, harganya, dan lain-lain. Dengan demikian, bila ingin bertahan lama dan berkembang, setiap usaha wajib memiliki produk yang ‘baik’, tidak hanya harga yang terjangkau saja, namun juga harus handal.

Produk yang handal dapat diartikan sebagai produk yang berkualitas, produk yang sesuai harapan konsumen. Untuk lebih mudahnya, berikut ini beberapa ciri atau tanda-tanda sebuah produk handal atau tidak:

Leave a Reply