6 Cara Ampuh Mengontrol Emosi Yang Berlebihan

GenBisnis – Emosi yang berlebihan dapat memengaruhi tindakan selanjutnya. Kamu harus tahu bagaimana cara mengendalikan emosi diri agar tidak membuat masalah semakin rumit.

Berbagai emosi yang Anda rasakan ini akan berpengaruh pada tindakan Anda. Jika Anda sedang merasakan emosi yang positif, maka tindakan yang mengikutinya juga akan positif, sebaliknya, emosi negatif akan cenderung membuat Anda berperilaku negatif pula.

Ekspresi emosi negatif bahkan dapat membahayakan hubungan pekerjaan, pertemanan, hingga kesehatan diri sendiri. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengendalikan emosi atau cara mengekspresikannya secara tepat.

Berikut 6 Cara Mengendalikan Emosi Yang Berlebihan:

1. Menenangkan diri

Dari perspektif manajemen marah, marah bisa dilihat sebagai sebuah siklus agresi (aggression cycle) yang terdiri dari eskalasi, eksplosi, dan pasca-eksplosi. Oleh karena itu, saat Anda marah, tenangkan diri sehingga siklus agresi Anda berantakan. Dengan pikiran tenang, Anda bisa berpikir logis dan mencari solusi.

Baca Juga :  7 Tanda Apakah Pekerjaan Yang Dilakukan Saat Ini Adalah Passion Anda

Untuk menenangkan diri, Anda bisa melakukan cara-cara berikut:

Tarik napas dalam-dalam – Saat menarik napas, fokuskan pikiran Anda pada napas yang masuk ke hidung atau bayangkan pemandangan yang indah. Lakukan berulang sehingga Anda bisa menurunkan emosi sedikit demi sedikit.

Leave a Reply