7 Tips Mulai Bisnis Minuman Kekinian

Genbisnis – Memulai bisnis saat ini dapat dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari bisnis online, dropshiper, hingga franchise makanan dan minuman kekinian.

Bisnis minuman kekinian semakin hari semakin menjamur dan bisa dijumpai di mana-mana. Minuman ini terbilang mudah populer karena selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, pengemasannya juga cukup menarik dan estetis.

Varian rasa yang ditawarkan pun cukup beragam, seperti es kopi, boba, thai tea, bubble tea dan masih banyak lagi. Karena itulah meski tergolong cukup mahal untuk setiap gelasnya, minuman kekinian tersebut tetap saja digandrungi banyak orang, terutama oleh para kaum milenial.

Karena itulah, bagi sobat bisnis yang sedang ingin mengawali bisnis, tak ada salahnya untuk mulai berjualan minuman kekinian. Terutama bagi sobat bisnis yang terdampak pandemi virus Corona seperti terkena PHK atau dirumahkan, memulai bisnis satu ini bisa dijadikan peluang yang menguntungkan.

1. Menentukan Jenis Minuman Yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus sobat bisnis lakukan adalah menentukan jenis minuman yang akan dijual. Agar bisa bersaing dengan pedagang lain, sobat bisnis harus menjual varian unik yang belum ada atau langka di pasaran. Sebab dengan begitu, pembeli akan merasa lebih tertarik untuk mencobanya.

Sebagai contoh, jika sobat bisnis ingin menjual es kopi susu, pastikan untuk menciptakan varian rasa dan toping yang unik. Gunakan resep sendiri agar rasanya berbeda dengan gerai yang lain dan pastikan untuk selalu mempertahankan kualitasnya.

2. Berpikirlah Seperti Konsumen

Tips berikutnya yang harus sobat bisnis terapkan jika ingin bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis ini adalah memiliki pemikiran seperti konsumen. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah produk minuman sobat bisnis benar-benar layak untuk dijual atau tidak, apakah rasanya benar-benar enak atau tidak dan apakah harganya akan terlalu memberatkan konsumen atau tidak.

Umumnya, konsumen akan memberikan penilaian dan membuat perbandingan produk yang satu dengan yang lainnya. Dengan berpikiran seperti mereka, sobat bisnis bisa mengetahui takaran porsi yang tepat untuk produk yang akan dijual. Bila perlu, sebaiknya minta bantuan keluarga maupun teman untuk memberikan penilaian dan saran agar lebih objektif.

Baca Juga :  Cegah Krisis Finansial Karena Corona, UEFA Berikan Dana Bantuan Rp 71 M Untuk Anggotanya

3. Gunakan Bahan-Bahan Berkualitas

Saat menjalankan bisnis, kebanyakan pengusaha hanya akan memikirkan keuntungan yang ingin dihasilkan. Karena itulah banyak dari mereka yang menurunkan kualitas bahan dasar untuk menghemat pengeluaran. Namun agar usaha sobat bisnis mampu bersaing, sebaiknya jangan ragu untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas baik meski harganya sedikit lebih mahal.

Misalnya jika sobat bisnis ingin membuat es teh susu, sebaiknya pilih merek susu yang memiliki rasa manis paling nikmat dan cocok dengan bahan campuran yang lain. Begitu juga dengan bahan utama tehnya, pastikan untuk mencari merek berkualitas yang bisa menghadirkan rasa enak.

Yang perlu diingat, usahakan untuk selalu mempertahankan kualitas produk Anda. Meski nantinya sudah dikenal dan populer, sebaiknya jangan mengubah kualitasnya agar pelanggan sobat bisnis tidak lari.

4. Kemas Dengan Menarik

Ada banyak faktor yang bisa membuat konsumen tertarik dengan suatu produk, salah satunya adalah kemasan produk itu sendiri. Minuman yang memiliki kemasan bagus tentu mempunyai nilai tambah tersendiri dan lebih digandrungi konsumen.

Misalnya, sobat bisnis bisa menggunakan gelas plastik berbahan tebal yang tidak mudah pecah, mendesain gelasnya dengan menarik dan berganti-ganti tema atau sobat bisnis juga bisa menawarkan cara minum yang unik. Dengan begitu, bisnis minuman kekinian sobat bisnis akan lebih mudah dikenal oleh konsumen.

5. Pilih Lokasi Usaha Yang Strategis

Tips berikutnya yang harus sobat bisnis perhatikan adalah menentukan lokasi usaha. Agar bisnis sobat bisnis berjalan lancar, usahakan untuk memilih lokasi yang strategis dan bisa dilihat oleh banyak orang. Bila perlu, desain lokasi tersebut dengan unik dan berbeda agar konsumen lebih tertarik untuk berkunjung.

Baca Juga :  Waspada Corona : Seluruh Kabupaten dan Kota Di Jawa Tengah Menjadi Zona Merah

Guna meminimalisir pengeluaran di awal, sobat bisnis bisa menggunakan lahan depan rumah atau menyewa ruko dan kios murah. Setelah bisnis berjalan lancar dan dikenal luas, sebaiknya gunakan lokasi yang lebih ramai dan biasa digunakan orang untuk berinteraksi.

6. Selalu Jaga Kebersihan Dan Berikan Pelayanan Terbaik

Para konsumen biasanya akan memperhatikan cara sobat bisnis dalam menyajikan minuman. Banyak dari mereka yang melihat bahan-bahan minuman, alat atau mesin minuman serta kebersihan lokasi usaha. Jika tidak terlihat bersih, mereka mungkin akan ragu untuk kembali membeli produk sobat bisnis . Karena itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan berbagai komponen di tempat usaha sobat bisnis ya.

Selain itu, cara sobat bisnis melayani konsumen juga sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dengan menunjukkan sikap ramah. Jangan pernah bersikap acuh atau cuek pada konsumen jika sobat bisnis tak ingin mereka berpaling ke gerai yang lain.

7. Aktif Promosi

Tips terakhir yang Genbisnis berikan ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Agar bisnis sobat bisnis semakin dikenal, pastikan untuk selalu menggencarkan promosinya, baik secara offline maupun online. Agar tidak kesulitan, sobat bisnis bisa mulai mempromosikannya pada tetangga sekitar rumah, kerabat, sahabat maupun rekan kerja. Bila perlu, minta mereka untuk memberikan review dan mempromosikan dagangan sobat bisnis pada kenalannya.

Sedangkan untuk pemasaran secara online, sobat bisnis bisa melakukannya menggunakan berbagai akun media sosial. Buat berbagai konten menarik yang mencakup foto, video maupun konten lainnya agar sobat bisnis bisa menjangkau konsumen dengan cepat dan tepat.

RID, SUMBER

Leave a Reply