Google Kembali Hapus Aplikasi Mata-Mata di Playstore

GenBisnis, Jakarta – Google kembali menghapus aplikasi bernama ToTok dari Play Store, aplikasi yang dituding sebagai alat mata-mata milik Uni Emirat Arab (UEA).

Ini adalah kedua kalinya Google melakukan itu, setelah sebelumnya mereka sudah sempat menghapus aplikasi ToTok ini dari toko aplikasi mereka, tepatnya pada akhir Desember 2019 lalu. Saat itu, Google dan juga Apple menghapus ToTok dari Play Store dan App Store.

Baca juga: Situs Serupa IndoXXI Masih Menjamur

Namun ternyata Google diam-diam kembali memberikan akses ke ToTok lagi pada Januari lalu, dan kembali dihapus baru-baru ini. Sementara di App Store, aplikasi ToTok ini sepertinya tidak muncul kembali sejak dihapus pada Desember lalu.

Baca Juga :  Facebook Akan Rilis Facebook Gaming Jadi Aplikasi Mandiri

Ketika kembali menghapus ToTok, Google tak menyebut alasannya. Tetapi pertama kali menghapus ToTok, mereka menyebut aplikasi tersebut melakukan pelanggaran aturan-aturan tertentu yang tak dijelaskan lebih lanjut.

Sebagai informasi, ToTok adalah aplikasi pengiriman pesan dan telepon yang menjanjikan layanan yang ‘cepat, gratis, dan aman’ dan sudah diunduh oleh jutaan pengguna di UEA dan di negara Timur Tengah lain.

Baca juga: Berapa Langganan Netflix dan Spotify Setelah Omnibus Law

Bahkan, sebelum dihapus dari Play Store dan App Store Desember lalu, ToTok adalah salah satu aplikasi sosial yang paling banyak diunduh di Amerika Serikat, dari The Verge, Minggu (16/2/2020).

Dalam investigasi yang dilakukan oleh New York Times, ditemukan kalau aplikasi tersebut membolehkan pemerintah UEA memata-matai penggunanya. Tudingan ini ditepis oleh ToTok dalam pernyataannya Desember lalu.

Baca Juga :  Project Lancar Dengan Aplikasi Manajemen Terbaik, Ini Listnya

“Kami tak hanya menghargai privasi dan memastikan keamanan, pengguna juga mempunyai kontrol penuh terhadap data apa yang mau mereka bagikan,” tulis ToTok dalam pernyataan resminya.

Sumber.

Leave a Reply