8 Cara menjaga Loyalitas Pelanggan

GenBisnis, Loyalitas pelanggan sangat penting unsurnya di setiap bisnis. Agar pelanggan tetap loyal dengan bisnis Anda berikut ada 8 cara untuk menjaga Loyalitas Pelanggan

  • Sediakan Call Center

Memiliki baik call forwarding atau layanan penjawab, mempekerjakan staf menjadi call center, memang harus diperlukan. Anda harus memastikan ada seseorang yang mengangkat telepon ketika ada pelanggan yang menghubungi. Pasalnya, pelanggan Anda ingin berbicara dengan orang dan bukan hanya mesin penjawab.

  • Jangan Mengumbar Janji

Dapat diandalkan adalah salah satu kunci untuk hubungan yang baik, tidak terkecuali untuk layanan pelanggan. Jika Anda mengatakan, “bedroom furniture baru Anda akan dikirimkan pada hari Selasa”, pastikan barang-barang tersebut sampai hari Selasa.

Jika tidak, jangan janjikan pengiriman tersebut. Aturan yang sama berlaku ketika Anda membuat janji dengan klien, membuat tenggat waktu, dan lainnya. Berpikirlah sebelum Anda memberikan janji, karena tidak ada yang lebih mengecewakan pelanggan selain ingkar janji.

  • Dengarkan Saran Pelanggan Anda

Seseorang akan menjadi jengkel jika pendapat yang mereka utarakan atau masalah yang mereka kemukakan ternyata tidak diperhatikan dan mereka harus menjelaskan lagi.

Bagaimana penjualan dan kualitas produk Anda dinilai? Biarkan pelanggan Anda bicara dan tunjukkan kepadanya bahwa Anda mendengarkan dengan baik dengan membuat tanggapan yang sesuai, seperti memberikan saran untuk memecahkan masalah.

  • Tangani Complain Dengan Baik
Baca Juga :  Gojek Resmi Akuisisi Moka, Aplikasi Kasir Online

Tidak ada yang suka mendengar keluhan, dan banyak dari kita yang hanya memandang sebelahmata keluhan tersebut dan mengatakan, “Kita tidak bisa menyenangkan semua orang”. Mungkin tidak, tapi jika Anda memberikan perhatian pada keluhan tersebut, Anda mungkin dapat menyenangkan orang ini paling tidak sekali. Pasalnya, jika ditangani dengan benar, tidak jarang keluhan bisa menjadi peluang.

  • Bantu Mereka, Meskipun Anda Tidak Mendapat Keuntungan

Jika Anda membantu pelanggan tanpa pamrih, mereka akan dengan senang hati kembali pada Anda. Bahkan, Anda tidak perlu beriklan karena mereka akan memberitahukan kepada teman-temannya tentang pengalamanya lewat media sosial.

Sebagai contoh, banyak bengkel mobil menawarkan jasa memeriksa aki mobil atau kondisi ban mereka secara gratis. Dengan memberikan bantuan secara gratis tersebut, maka sang pelanggan akan selalu mengingat tempat tersebut ketika mereka membutuhkan barang.

  • Latih Staff

Jika Anda memiliki staff, latih mereka untuk selalu membantu, sopan, dan memiliki pengalaman tentang produknya. Anda bisa melakukannya sendiri atau menyewa seseorang untuk melatih mereka.

Jelaskan pada mereka bagaiman melayani pelanggan dengan baik dan edukasi mereka bagaimana menangani pelanggan yang baik (dan yang tidak) secara teratur. Yang paling penting, memberikan informasi yang cukup bagi staf Anda dan kemampuan untuk membuat keputusan-keputusan yang menyenangkan pelanggan walupun kecil.

  • Turun Tangan Secara Langsung
Baca Juga :  Tips Agar Terhindar Dari Anemia Selama Berpuasa

Jika seorang pelanggan masuk ke toko Anda dan menanyakan Anda tetang sebuah barang, Anda tidak bisa hanya mengatakan, “Barang ini ada di Lorong 3 rak nomo sekian”. Anda harus mengantarkan pelanggan tersebut dan mungkin memberikan penjelasan tetang produknya.

Jika Anda mau turun tangan secara langsung, maka Anda telah memberikan layanan pelanggan yang baik. Mereka mungkin tidak akan mengatakan kepada Anda, tetapi kemungkinan besar mereka akan memberitahu orang lain.

  • Berikan Bonus

Ada kalanya Anda harus memberikan apresiasi pada pelanggan Anda, entah itu kupon diskon atau tips untuk merawat produk. Orang senang mendapatkan lebih dari yang mereka pikir akan dapatkan.

Dan jangan berpikir bahwa apresiasi ini harus besar agar efektif. Kita bisa saja hanya memberikan stiker atau gantungan kunci. Percayalah barang tersebut akan mereka tempelkan di tempat yang mudah terlihat, dan produk atau toko Anda akan lebih dikenal tanpa iklan.

Jika Anda menerapkan delapan aturan sederhana tersebut secara konsisten, bisnis Anda akan menjadi dikenal untuk layanan pelanggan yang baik. Dan bagian yang terbaik, seiring layanan pelanggan yang baik akan membawa lebih banyak pelanggan baru lebih banyak ketimbang jika Anda melakukan promosi dan diskon.

Leave a Reply