Alasan Palestina di Hapus dari Google Maps

Warganet Arab mengecam Google dan Apple karena Palestina dihapus dari Google Maps dan Apple Maps. Mereka menganggap tindakan tersebut memalukan.

Salah satu yang menyuarakannya adalah pemilik akun twitter @hassan_Sheikh4. Ia memaparkan screenshot dua peta digital di mana satu peta menunjukkan Palestina sementara lainnya tidak menyebut adanya Palestina hanya menampilkan jalur Gaza, West Bank dan Jerusalem.

“Malu atas kelakuanmu Google! Bagaimana bisa kamu mendukung Israel dan menghapus Palestina dari Google Maps,” tulisnya di Twitter, seperti dikutip Jumat (17/7/2020).

Baca Juga :  WHO Mengumumkan Virus Corona COVID-19 Resmi Pandemi

“Saya sudah cek Gmaps dan itu benar. Mereka telah menghapus Palestina sepenuhnya dari peta dunia,” ujar pengguna twitter lainnya seperti dikutip dari Express.

Atas masalah ini Google belum memberikan tanggapan resminya. Namun perdebatan ini bukan pertama kalinya muncul di dunia maya. Pada 2016 silam hal ini juga menjadi masalah.

Ketika itu juru bicara Google mengatakan “tidak pernah ada label ‘Palestina’ di Google Maps.”

Seorang juru bicara Google lainnya mengatakan ada bug yang menghapus label untuk “Tepi Barat” dan ” Gaza.”

“Kami sedang bekerja dengan cepat untuk membawa label ini kembali ke area tersebut,” katanya.

Express mengungkapkan tidak adanya Palestina ada kaitannya dengan pengakuan Palestina sebagai negara merdeka. Ada 138 anggota PBB yang akui Palestina sebagai negara merdeka.

Baca Juga :  Malang Sudah Membuka Beberapa Tempat Wisata, diantaranya...

Namun sebagian besar negara barat tidak mengakui kemerdekaan palestina. Salah satunya, Amerika Serikat (AS), yang merupakan kantor pusat Google dan Apple.

(HG) Sumber.

Leave a Reply