Anda Seorang Pebisnis? Inilah Siklus Hidup Produk Yang Wajib Diketahui

GenBisnis –  Siklus hidup produk (Product life cycle) adalah siklus suatu produk/ organisasi dengan tahapan-tahapan proses perjalanan hidupnya mulai dari peluncuran awal (soft launching), peluncuran resmi (grand launching), perubahan dari target awal, lalu mulai berjuang dan berkompetisi dengan produk-produk yang sejenis, hingga melewati persaingan dan kompetisi produk memiliki tingkat penerimaan/ penjualan/ distribusi yang luas dan tersebar. Konsep ini dipopulerkan oleh Levitt (1978) yang kemudian penggunaannya dikembangkan dan diperluas oleh para ahli lainnya.

Ada berbagai pendapat terkait penggolongan siklus produk ini. Ada yang menggolongkannya menjadi 5 siklus ada pula yang menggolongkannya hanya 4 siklus. Siklus hidup produk atau product life cycle tersebut ialah introduction, growth, maturity, decline dan termination.

Baca Juga :  Laporan di Italia Mengenai Angka Kematian 969 Pasien Corona dalam Hitungan Sehari

Berikut penjelasan lebih mendalam tentang golongan siklus hidup produk yang telah disebutkan sebelumnya :

1. Introduction

Tahap pengenalan ini memiliki ciri umum seperti distribusi yang terbatas, biaya pemasaran dan produksinya tinggi namun penjualan masih rendah. Tak heran bila tingkat kegagalannya pun cukup tinggi sehingga perlu modifikasi dan pengembangan kedepannya. Hal ini dikarenakan barang yang dipasarkan memang masih sangat baru sehingga belum mengenal betul pangsa pasar dan competitor pada tahap ini.

Biaya promosi juga amat tinggi karena produk masih sangat baru sehingga promosipun kian agresif. Laba yang didapat dari tahap inipun juga tidaklah besar namun dari tahap ini anda bisa mengenal kelemahan dari produk anda dan memperbaiki kelemahan tersebut ditahap selanjutnya.

Leave a Reply