Apple Hapus Ribuan Aplikasi Gim Dari App Store

GenBisnis, Jakarta – Penghapusan ribuan aplikasi gim dari App Store Tiongkok yang dilakukan oleh Apple didasa atas desakan dan permintaan dari pemerintah Tiongkok, hal ini dilakukan untuk mematuhi aturan internet di negara tersebut. Sekitar 4.500 Aplikasi sudah di hapus dari App Store Tiongkok tersebut.

Sebelumnya pada minggu lalu, lebih dari 3.000 gim telah dihapus dari App Store Tiongkok hanya dalam waktu 2 hari. Tech Node melaporkan, penghapusan massal ini adalah yang terbesar di sejarah App Store.

Mengutip laman India.com, Senin (6/7/2020), penghapusan ribuan gim ini didesak regulasi baru yang mempersyaratkan para pengembang gim untuk mendapatkan persetujuan dari regulator Tiongkok sebelum meng-uploadnya ke App Store Tiongkok.

Baca Juga :  Syarat dan Cara Urus Izin Keluar-Masuk Jakarta Selama PSBB Secara Online

“Kami melihat jumlah gim turun tiap harinya di App Store Tiongkok, sejak Apple mengikuti regulasi baru ini per 1 Juli. Sedihnya, karena Tiongkok hanya menyetujui sekitar 1.500 lisensi gim setahun dan prosesnya butuh waktu 6-12 bulan, sebagian aplikasi akan menunggu lama sebelum diizinkan kembali ke App Store,” kata Manager Pemasan App Store di Tiongkok, Todd Kuhns.

Secara keseluruhan, sebanyak 4.500 aplikasi gim yang dihapus itu, 1.500 dihapus pada 1 Juli, kemudian 1.805 dihapus pada 2 Juli, dan sebanyak 1.276 aplikasi dihapus pada 3 Juli.

20.000 Aplikasi Bakal Dihapus Juga?

Bahkan, diperkirakan akan ada lebih dari 20.000 aplikasi yang terdampak kebijakan baru Tiongkok ini.

Bagi Apple, Tiongkok merupakan pasar terbesar dari App Store. Menurut data Sensot Tower, penjualan aplikasi di App Store mencapai USD 16,4 miliar dalam satu tahun.

Baca Juga :  Perangi Hoax, Google Akan Ubah Mesin Pencariannya

Sementara di Amerika Serikat, penjualan dari App Store justru lebih sedikit, yakni USD 15,4 miliar dalam 1 tahun.

(EK) Sumber

Leave a Reply