Bangun Brand Bisnis Anda Dengan 5 Tips ini

Genbisnis – Pernahkah anda mencoba mencoba mencari brand anda di search engine dan tidak menemukannya?

Hal tersebut menunjukkan bahwa saat ini pasar terlalu jenuh di beberapa area seperti keuangan, kebugaran, dan ritel digital.

Di antara jutaan brand, produk, dan layanan yang tersedia sulit untuk menjadi salah satu yang menonjol dan unggul.

“Dengan harga yang lebih rendah, kualitas yang lebih tinggi, atau sesederhana bagaimana produk ini memudahkan hidup orang, Anda perlu menemukan cara untuk memposisikan produk sebagai pilihan yang lebih baik dari yang lain,” seperti dikutip melalui Entrepreneur, Senin (5/10/2020).

Tidak yakin harus mulai dari mana? Berikut lima strategi untuk membedakan diri Anda di pasar yang ramai:

1. Kenali pesaing Anda.

Semua hasil penelusuran tersebut bukanlah berita buruk bagi Anda. Gunakan hasil pencarian sebagai keuntungan dengan mengklik pada hit teratas. Mereka, bagaimanapun, adalah pesaing Anda.

Cari tahu tentang fitur, poin harga, dan kebijakan pengembalian. Catat branding dan perpesanan. Lihat apakah Anda dapat menemukan informasi tentang pemasok dan strategi pengadaan mereka. Pantai juga media sosial mereka dan berikan perhatian khusus pada ulasan bintang lima dan satu bintang.

Apa pun yang tidak disukai konsumen tentang pesaing Anda adalah peluang bagi Anda untuk menjadi lebih baik. Sesuatu yang dilakukan dengan sangat baik oleh pesaing Anda adalah dasar untuk dicakup dalam produk atau layanan Anda.

Baca Juga :  Kenali 9 Kode Eror Netflix dan Cara Memperbaikinya

2. Ciptakan ceruk pasar Anda

Dalam setiap pasar ada ceruk yang tidak terbatas. Di pasar yang jenuh, sepertinya setiap ceruk telah diambil. Jika demikian, jangan mencoba bersaing secara langsung; sebaliknya, buatlah ceruk pasar Anda.

Jika Anda telah meluncurkan produk atau layanan Anda, ini mungkin memerlukan pivot. Sebelum berinvestasi dalam pembangunan kembali, lakukan riset Anda. Apakah ceruknya cukup besar untuk mendukung perusahaan Anda? Sebelum menyelam, pastikan Anda bisa bertemu dengan konsumen secara menguntungkan.

3. Persempit alur distribusi

Di beberapa pasar, rantai pasokan yang kompleks berarti produk melewati setengah lusin tangan sebelum mencapai konsumen akhir.

Menghilangkan beberapa perantara tidak hanya akan membantu Anda menentukan harga produk Anda secara lebih kompetitif tetapi juga akan memungkinkan Anda untuk membangun umpan balik yang lebih erat dengan pelanggan Anda. Lakukan audit rantai pasokan secara menyeluruh untuk mencari langkah-langkah yang dapat Anda hentikan dari rantai.

4. Tetapkan kredibilitas produk Anda.

Di pasar yang ramai, kredibilitas adalah segalanya. Konsumen tidak punya waktu untuk membaca ribuan merek berbeda, jadi mereka memilih merek yang mereka kenal dan percayai.

Membangun merek yang kredibel adalah lari maraton, bukan lari cepat. Pantau media sosial Anda untuk melihat apa yang dikatakan pelanggan tentang produk Anda. Baca setiap peringkat dan ulasan yang Anda dapatkan. Perhatikan apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan tentang produk, layanan pelanggan, pengiriman, dan lainnya.

Baca Juga :  Penjualan Mobil Dan Motor Hancur Lebur

5. Jangan hanya melakukan penjualan. Bangun hubungan

Alasan lain branding membutuhkan waktu? Membangun hubungan yang bermakna dengan pelanggan tidak terjadi dalam semalam.

Menciptakan hubungan nyata dengan pelanggan seperti memasak hidangan otentik: Bahan-bahan yang tepat – antara lain layanan pelanggan yang luar biasa, produk berkualitas, dan sedikit personalisasi – harus dikombinasikan dengan tepat dan direbus dengan sabar.

Apa pun kepadatan pasar Anda, membedakan bisnis Anda dari bisnis sejenis bukanlah hal yang mudah. Untuk mendorong loyalitas dari pelanggan lama dan untuk membantu pelanggan baru memilih Anda, lakukan pekerjaan rumah Anda.

Gunakan apa yang Anda pelajari untuk menyempurnakan produk Anda dan melampaui pesaing Anda. Itu nasihat yang bagus untuk bisnis apa pun, tetapi di pasar yang ramai, itulah rahasia sukses.

RID, SUMBER

Leave a Reply