Banyak Yang Keliru, Inilah Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta Yang Benar

GenBisnis – Saat ini mencari pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat memang terbilang cukup sulit. Ditambah dengan persiangan dunia kerja yang tidak main-main. Lapangan kerja yang terbatas juga membuat orang untuk memutar otak akan melakukan apa agar tetap bisa menyambung kehidupan. Tidak melulu menjadi pegawai kantoran, bekerja di rumah juga banyak diminati.

Salah satunya adalah menjadi seorang pengusaha atau wirausaha. Memiliki usaha sendiri tentunya menjadi sebuah kebanggaan. Tidak jarang orang memilih untuk menjadi wirausaha atau wiraswasta.

Namun seringkali orang sering salah kaprah tentang penyebutan wirausaha dan wiraswasta. Lalu, apa perbedaan wirausaha dan wiraswasta? Dari penyebutan saja sudah jelas beda. Tentunya pengertian dari kedua kata ini juga memiliki makna yang berbeda.

Baca Juga :  Dianggap Meresahkan Warga, Seorang Khatib Ditangkap

Yuk kita simak perbedaan keduanya disini.

Istilah wiraswasta memang muncul terlebih dahulu, yaitu pada sekitar tahun 1970. Melansir dari centrausaha.com, istilah ini dideskripsikan berdasarkan paham neoklasik dan didefinisikan sebagai berikut.

  • Orang yang mampu bersikap, berpikir, serta bertindak berdasarkan kemampuan serta keberanian untuk mengadakan pekerjaan sendiri, mencari uang sendiri, serta bekerja dengan sikap yang mandiri.
  • Orang yang mempunyai dorongan untuk membuat sesuatu yang berbeda dengan yang lain, dengan cara mempergunakan waktu dan kegiatan, yang diikuti oleh modal serta kemungkinan gagal, juga penerimaan balas jasa dan kepuasan serta kewenangan yang bebas atas bisnisnya tersebut.

Leave a Reply