Benarkah Paid Promote dan Endorse di Instagram Sangat Efektif?

GenBisnis – Instagram menjadi salah satu social media yang cukup banyak penggunanya di seluruh dunia setelah Facebook. Bahkan berdasarkan data analisis pemasaran sosial media yang berbasis di Polandia mencatat, jumlah pengguna Instagram di Indonesia hingga akhir 2019 mencapai 61, 61 Juta pengguna atau sekitar 22,6 person Dari total jumlah penduduk Indonesia.

Melihat data tersebut, sudah barang tentu Instagram menjadi media yang efektif untuk memasarkan suatu produk, baik barang maupun jasa. Selain beriklan menggunakan layanan Instagram Ads, cara yang bisa dilakukan adalah menggandeng para selebgram dengan ribuan atau bahkan jutaan pengikut.

Managing Partner Inventure Yuswohady menilai pemasaran produk melalui selebgram jauh lebih efektif dibandingkan dengan Instagram Ads. Pasalnya, karakteristik masyarakat Indonesia cenderung paternalistik atau menempatkan sikap dan perilaku mengikuti tokoh panutannya.

Baca Juga :  Tips Menumbuhkan Sikap Optimis Setiap Melakukan Sesuatu

“Efektif karena masyarakat kita paternalistik, terus berupaya mengikuti tokoh panutannya termasuk influencer atau selebgram. Oleh karena itu, penggunaan jasa mereka untuk memasarkan produk menjadi salah satu langkah tepat,” katanya kepada Bisnis belum lama ini.

Menurut Yuswohady pemasaran produk melalui selebgram jauh lebih terukur dibandingkan dengan menggandeng selebritas yang sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih sedikit dibandingkan dengan menggandeng selebritas dan mempromosikan produk melalui media massa.

Leave a Reply