Berstatus Negara Maju Bikin Indonesia Lebih Percaya Diri untuk Bersaing

GenBisnis, JAKARTA – Dengan adanya keputusan Amerika Serikat yang mengeluarkan Indonesia dari daftar negara berkembang membuat Indonesia harus siap menerima segala keputusan dan mempersiapkan diri untuk melangkah ke depan.

Deputi Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis Kantor Staf Presiden (KSP) Denni Puspa Purbasari, menyatakan bahwa masuknya Indonesia ke kategori negara maju tersebut memang sejalan dengan gerak pertumbuhan pendapatan per kapita Indonesia.

Saat ini, pendapatan per kapita Indonesia masih sebesar USD 4.000. Angka tersebut jauh di bawah pendapatan per kapita negara maju yang ada di angka USD 12 ribu.

Namun jika dilihat dari purchasing power parity (PPP), pendapatan per kapita Indonesia sudah berada di angka USD 12.670. Angka ini melebihi ambang batas negara menjadi negara maju yang sebesar USD 12 ribu.

Baca Juga :  Berikut Cara Urus Izin Keluar Masuk Jakarta

Perubahan status ini merupakan keputusan penuh Amerika serikat (AS). Hal tersebut sebenarnya tidak perlu diperdebatkan. Seharusnya yang menjadi perhatian adalah beberapa keistimewaan yang didapat oleh Indonesia seperti keringanan tarif dan bentuk lainnya cepat atau lambat akan dicabut.

Menurut Denni, sebenarnya pencabutan tarif ini sudah diantisipasi oleh pemerintah Indonesia. Oleh sebab itu, perubahan status tersebut tidak akan mengubah kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia sehingga pendapatan per kapitanya terus meningkat.

“Kita akan tetap pada kebijakan yang akan terus membuat pendapatan per kapita Indonesia meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ungkap Denni.

Dengan adanya perubahan status ini, Indonesia mempunyai banyak peluang. Menurutnya cepat atau lambat Indonesia akan mengarah untuk menjadi negara maju. Negara maju tidak berbicara soal pendapatan saja, tetapi juga tentang sikap bahwa Indonesia bisa percaya diri untuk lebih produktif dan meningkatkan produksi agar sejajar dengan negara maju lainnya.

Baca Juga :  WHO : Tips Tetap Sehat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Selama Masa Corona

“Dengan perubahan status ini membuat Indonesia lebih percaya diri untuk  berproduksi secara efisien seperti negara maju, menurut Saya spiritnya ke arah sana,” papar Denni.

Sumber : Liputan6.com

2 Replies to “Berstatus Negara Maju Bikin Indonesia Lebih Percaya Diri untuk Bersaing”

  1. Weh serius nih mau ke negara maju? Ya semoga aja gaada yg pengangguran kalo gitu. Semua Uda ada pekerjaan sesuai bidangnya biar makin dilihat negara maju

Leave a Reply