Bertani Sebagai Ide Bisnis

Genbisnis – Sangat banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan waktu di rumah selama pandemi untuk kegiatan yang berkaitan dengan hobi. Baik itu membuat konten sosial media, mendekorasi rumah, berkebun, hingga mencari pendapatan tambahan melalui perniagaan online.

Namun berkebun sepertinya menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan selama Pandemi Covid-19. Apalagi berkebun secara hidroponik yang banyak dilakukan oleh petani modern. Selain menghasilkan sayur dan buah yang sehat dan bergizi, metode ini juga dinilai mampu mengoptimalkan lahan sempit.

Dengan hidroponik, masyarakat juga memiliki kebun sendiri yang mudah perawatannya. Karena itu, banyak warga yang beralih menggunakan metode ini karena dirasa lebih memiliki nilai ekonomis. Harga jual untuk sayuran ini juga relatif lebih mahal ketimbang sayuran yang ditanam dengan sistem konvensional atau di tanah.

Tapi, tahukan Anda jika selain bisnis hidroponik, masih ada dua bisnis dalam pertanian yang menjanjikan dan bisa mendatangkan cuan. Bersimak bisnis lain di bidang pertanian seperti dirangkum dari berbagai sumber belum lama ini.

Baca Juga :  Strategi Pemasaran Sukses Dengan Cara yang Lebih Mudah

Jual bahan makanan organik dan herbal

Kebutuhan hidup sehat di masyarakat semakin meningkat seiring dengan pandemi yang masih belum usai. Kesadaran masyarakat untuk hidup lebih sehat ikut meningkat. Mereka pun tak segan merogoh kocek yang dalam untuk membeli berbagai produk herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Beberapa bahan pangan yang kerap dikonsumsi untuk menjaga pola hidup sehat, seperti beras merah, oatmeal, dan rempah-rempah bisa menjadi bisnis yang mendatangakan cuan yang besar di masa seperti ini.

Coba pasarkan produk herbal tersebut dalam kemasan yang semenarik mungkin melalui Internet adaupun e-commerce sehingga pembeli tidak perlu keluar rumah. Anda juga bisa membuat minuman herbal dalam bentuk bubuk ataupun jamu yang dipasarkan melalui pasar yanga sama.

Bisnis konsultasi pertanian

Semakin banyak pelaku usaha yang terjun langsung ke bisnis pertanian, sudah pasti mereka membutuhkan sumber daya manusia (SDM) unggul. Tentu saja, tujuannya adalah untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas

Baca Juga :  Catat! Ini Starter Kit Jalani New Normal

Konsultan pertanian bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Mereka yang kurang memahami tentang ilmu bercocok tanam yang tepat dan efisien, akan membutuhkan jasa konsultan pertanian.

Dengan jasa konsultan pertanian diharap akan membantu meningkatkan hasil dan kualitas panen para petani.

Tak hanya memberikan saran, konsultan juga bisa menawarkan produk atau alat pertanian yang lebih canggih dan modern dengan membuka hubungan kerja sama dengan beberapa toko pertanian yang sudah dijamin kualitasnya.

RID, SUMBER

Leave a Reply