Bisnis E-Commerce dan Citilink

Menurunnya jangkauan aktivitas fisik masyarakat Indonesia akibat adanya pandemi covid-19 mengakibatkan menjamurnya bisnis e-commerce. Jumlah pembelian dan pengguna e-commerce yang meningkat hingga 69% tentunya berpengaruh positif pada bisnis-bisnis terkait. Termasuk bisnis  ekspedisi dan logistik yang sangat erat kaitannya dengan e-commerce.

Salah satu penyedia layanan logistik  yang merasakan dampak dari peningkatan e-commerce adalah Citilink. Alih-alih mengalami kerugian karena tetunnya jumlah penumpang selama masa pandemi, Citilink justru mendapat penghargaan sebagai perusahaan dengan inovasi respons strategi atas  inovasi “Travelogistic” dalam ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia.

Pesawat B737-500 yang notabene adalah pesawat penumpang, disulap oleh Citilink menjadi Freighter. Hal ini dilakukan untuk menambah kapasitas kargo dan melakukan efisiensi pada unit pesawat penumpang. Dengan melakukan strategi ini, Citilink meraih kenaikan pendapatan sebesar lebih dari 30% semenjak masa pandemi dengan 20% armada diubah menjadi kargo.

Baca Juga :  Amazon Go Grocery, Supermarket Tanpa Kasir dari Amazon

Namun Citilink tidak berpuas sampai di sini, direktur utama Citilink Juliandra menyampaikan bahwa kedepanya Citilink juga akan memasuki Kawasan Indonesia bagian timur. Rencana ini bukan semata-mata impian saja bagi Citilink, dengan jaringan dan strategi yang kuat sebelumnya Citilink telah berhasil menguasai Makasar, Medan, Balikpapan dan Kendari.

Leave a Reply