Bisnis Kecil Rawan di Serang Cyber? Atasi Dengan Cara Ini

GenBisnis – Perusahaan kecil layaknya seperti tunas, rentan oleh cyber attacks atau serangan dunia maya berupa peretasan. Perusahaan software Symantec mencegah lebih dari satu miliar percobaan peretasan situs pada tahun 2012. Dari angka tersebut, 40% serangan menargetkan perusahaan kecil.

Perusahaan kecil cenderung memiliki pertahanan yang lemah. Tak hanya perusahaan mereka saja yang diserang, tetapi juga membuka pintu bagi para peretas untuk masuk ke data rantai pasokan mitra mereka.

Berikut 4 tips melindungi bisnis kecil Anda dari serangan cyber menurut Fox :

1. Hindari Penggunaan Jaringan WiFi Publik

“WiFi publik adalah tempat paling berbahaya di planet ini,” kata Fox. Ini adalah kalimat yang telah dia gunakan dalam wawancara selama beberapa tahun, tetapi itu tidak membuat sentimen menjadi kurang penting.

Baca Juga :  7 Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal Saat Memulai Bisnis

Pastikan karyawan Anda mengetahui kebijakan perusahaan untuk tidak menggunakan WiFi publik dan berikan alternatif seperti jaringan seluler pribadi atau VPN yang dapat mereka gunakan ketika mereka tidak ada di kantor.

Gunakan manajemen perangkat seluler pada perangkat milik perusahaan seperti laptop kantor atau ponsel untuk menghindari pengguna terhubung ke jaringan WiFi publik.

2. Buat kebijakan untuk email yang mencurigakan.

DBIR tahun ini menemukan bahwa 30 persen serangan siber terhadap usaha kecil melibatkan phishing.

Pastikan pekerja Anda tahu bahwa mereka tidak boleh asal mengeklik tautan atau mengunduh file yang dikirim tiba-tiba, meskipun tampaknya berasal dari orang yang mereka kenal. Tetapkan kebijakan yang jelas tentang bagaimana file harus dikirim antara karyawan sehingga mereka tahu kapan ada sesuatu yang salah.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Tampilkan Sensor Jari di Samsung S20 Series

3. Memiliki pedoman yang jelas tentang mengunduh aplikasi

DBIR tahun ini menemukan bahwa 43 persen dari pelanggaran yang mereka amati melibatkan aplikasi web yang diunduh dari internet ke perangkat mereka.

Leave a Reply