Bisnis Menggiurkan Teh Ungu Dari Bunga Telang

GenBisnis, Pangandaran – Budidaya bunga Telang atau lebih dikenal dengan teh ungu itu cukup menggiurkan. Tanaman yang dapat dengan mudah tumbuh di halaman belakang rumah ini, bisa memberikan penghasilan tambahan.

Setidaknya hal itu lah yang dirasakan oleh Dedi Kurniadi alias Abut warga Dusun Bojongsalawe
Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Tanaman Telang bunga miliknya, bisa menambah pundi-pundi penghasilan keuangan keluarganya.

Awalnya Abut mengucapkan, menanam bunga telang sebenarnya hanya untuk menutupi biaya konsumsi keseharian saja. Karena banyak informasi yang telah di baca tentang manfaat kesehatan dari bunga ini Telang.

Setelah beberapa kerabat dan tetangga Abut mencoba konsumsi teh ungu. Mereka mengaku merasakan manfaat kesehatan, alhasil orderan teh ungu naik. “Pada awalnya saya menanam teh bunga Telang untuk dikonsumsi sendiri, tapi akhirnya saya mencoba untuk membuat bidang bisnis,” kata Abut.

Baca Juga :  4 Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Akhirnya lahan dari 140 meter persegi di halamannya ia ubah menjadi taman bunga Telang. Ada 250 pohon yang ditanam.

“Dari 250 batang Telang bunga ditanam teh, setiap hari saya berhasil memanen 150 gram kering teh bunga Telang,” tambahnya Abut.

Setelah dipanen, sebelum dikemas harus dikeringkan dahulu dengan cara tradisional dibawah terik matahari, baru dikemas dengan ukuran 10 gram. Sepaket bunga Telang kering atau teh ungu dijual dengan harga Rp 15 ribu.

Adapun proses penanaman, Abut mengungkapkan bunga Telang relatif mudah untuk tumbuh dan dengan perawatan yang minimal. Pohon itu mulai mekar setelah berusia lebih dari 2 bulan. untuk 5 tahun ke depan, pohon akan terus mekar. “Mimpi saya adalah untuk membuat kapasitas lebih besar untuk budidaya teh telang ini, karena bisnis ini masih ada peluang yang sangat terbuka,” kata Abut.

Baca Juga :  Cara Atur Keuangan Di Tengah Hantaman Corona

Sumber.

Leave a Reply