Bocoran Apple iPad Pro gen 5 Menggunakan Layar LG

GenBisnis, Jakarta – Perangkat tablet baru milik Apple yaitu iPad Pro generasi ke-5 dikabarkan bakal memakai layar mini LED buatan LG dengan ukuran 12,9 inci dan akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2020.

Rumor ini diindikasikan sebagai upaya LG untuk mendobrak dominasi Samsung yang sudah sejak lama memasok layar OLED untuk perangkat iPad.

Mini-LED adalah bentuk backlighting baru yang digunakan untuk layar LCD. Backlight atau backlit adalah cahaya yang digunakan untuk menerangi layar. Pada panel LCD menggunakan lampu fluorescent. Sementara lampu LED digunakan untuk panel dengan backlit LED. Panel mini-LED ini juga berbeda dengan layar micro-LED yang digunakan di Apple Watch.

Menurut BGR, desain mini-LED nantinya akan ditambahkan lebih banyak chip LED untuk meningkatkan resolusi layar. Perlu diketahui bahwa tablet atau notebook membutuhkan sekitar 10.000 chip mini-LED. 

Sebagai perbandingan, Pro Display XDR yang diluncurkan Apple tahun lalu memiliki 576 chip LED. Selain itu berdasarkan laporan The Elec, perusahaan yang digawangi Tim Cook ini sudah menandatangani kontrak dengan perusahaan Epistar Taiwan untuk memasok chip LED. 

Baca Juga :  Pemberontakan 4 Penjara Karena Aturan Virus Corona, Seorang Napi Tewas di Italia

Nantinya panel akan dirakit LG sedangkan modul LDC display akan diproduksi oleh TSMT Taiwan. Sementara Foxconn akan menjadi penerima modul dan merakit perangkat iPad Pro.

Sebelum mencapai kesepakatan dengan LG, perusahaan panel LCD asal China yaitu Innolux Corporation sebetulnya sempat mengirimkan sampel mini-LED dan telah disetujui oleh Apple. Namun, Apple malah memilih LG dibanding Innolux.

“Innolux mini-LED telah membuat terobosoan pada Februari 2020 lalu. Dikatakan bahwa mereka telah memiliki sampel yang disetujui oleh Apple dan sedang bersiap untuk membuat display iPad Pro terbaru,” menurut laporan 9to5Mac. 

Sebelumnya, Apple telah resmi merilis iPad Pro 2020. Uniknya, perusahaan merancang kamera tablet itu seperti desain kamera yang disematkan di iPhone 11.

Menyoal spesifikasi singkat iPad Pro 2020, perangkat tablet ini memiliki ukuran layar 11 inci dan 12,9 inci. Ukuran kedua tablet anyar ini serupa dengan iPad Pro keluaran 2018, sehingga diperkirakan aksesoris anyar seperti Magic Keyboard pun bisa disematkan ke iPad Pro versi lawas.

Baca Juga :  Update Corona 20 Maret: 369 Kasus Positif, 32 Meninggal

Menyoal sisi fotografi, rumor yang beredar terkait Apple terinspirasi dengan desain kamera iPhone 11 terbukti. Perusahaan menyematkan dua sensor kamera di belakang bodi tablet, masing-masing 12MP dan 10MP.

Beralih ke bagian dapur pacu, iPad Pro 2020 ditenagai prosesor A12Z Bionic generasi terbaru. Prosesor ini dipadukan dengan GPU delapan inti, CPU 64-bit, serta neural engine (kecerdasan buatan versi Apple).

Sedangkan sistem operasi iPad Pro didukung iPadOS 13.4. Tablet iPadOS ini juga diintegrasikan dengan cipset Apple U1 menggunakan teknologi Ultra Wideband (UWB). Ini adalah chipset untuk mendeteksi kewaspadaan spasial, namun lebih presisi dari Bluetooth 5.1.

(HG) Sumber.

Leave a Reply