Bridgetown Holdings Pertimbangkan Merger Dengan Tokopedia

Genbisnis, Jakarta – Perusahaan yang didukung oleh miliarder Richard Li dan Peter Thiel, Bridgetown dikabarkan mengkaji merger dengan Tokopedia. Unicorn Indonesia ini mengakui bersiap IPO, salah satu opsinya lewat SPAC.

Kabar merger antara unicorn Tokopedia dengan perusahaan investasi Bridgetown Holdings Ltd. semakin terang. Merger dengan perusahaan yang didukung oleh miliarder Richard Li dan Peter Thiel tersebut diperkirakan merupakan bagian dari opsi rencana penawaran saham perdana ke publik atau IPO Tokopedia dalam waktu dekat.

Perwakilan Tokopedia mengatakan, salah satu opsi potensial untuk IPO yakni melalui perusahaan akuisisi bertujuan khusus (SPAC). Perusahaan cek kosong (blank check) ini biasanya sudah mencatatkan sahamnya di bursa efek.

“SPAC menjadi salah satu opsi potensial yang bisa kami pertimbangkan,” kata dia.

Baca Juga :  Biden Minta Pakar Penyakit Menular Anthony Fauci Gabung Tim Covid-19

SPAC disebut perusahaan cek kosong karena tidak memiliki operasi apa pun. Perusahaan jenis ini merupakan sarana investasi yang dibuat khusus untuk mengumpulkan dana para orang kaya.

Selanjutnya, dana itu dipakai untuk membiayai peluang merger atau akuisisi dalam jangka waktu yang ditetapkan. Tapi, target perusahaan yang dimerger atau diakuisisi biasanya belum diidentifikasi.

Jadi, IPO SPAC digunakan untuk menyelesaikan kesepakatan masa depan dengan perusahaan tertentu yang lebih memilih menjadi perusahaan publik melalui merger terbalik. Nah, Bridgetown Holdings Ltd merupakan salah satu SPAC.

Bridgetown merupakan perusahaan publik yang tercatat di bursa saham Amerika Serikat. Berdasarkan penelusuran D-Insights atas prospektus Bridgetown kepada regulator bursa AS, Securities and Exchange Commission (SEC), Richard merupakan pemegang saham beberapa entitas raksasa.

Baca Juga :  Akibat Virus Corona Bursa Saham Rupiah Terempas, Apa Upaya Indonesia Untuk Bangkit?

Melalui perusahaan investasinya, Pacific Century Group, Richard masuk ke FWD Group Ltd dan Legendary Pictures. Ia juga tercatat sebagai investor awal Tencent. Selain itu, dikabarkan sudah lama tertarik dengan Tokopedia.

Taipan Hong Kong itu pun menunjuk CEO Pacific Century Daniel Wong sebagai anggota dewan direksi Tokopedia. Daniel mewakili Pacific Century memimpin pendanaan seri D untuk Tokopedia pada Juni 2013.

Leave a Reply