Cara Cerdas Agar Bisnis Bengkel Motor Terus Eksis

GenBisnis – Tidak bisa dipungkiri, lokasi yang strategis memiliki pengaruh yang besar terhadap ramai atau tidaknya usaha bengkel motor Anda. Namun begitu, masih banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa meningkatkan volume pelanggan yang datang.

Tentukan Konsep Bengkel

Apakah Anda mau berfokus pada satu jenis motor tertentu? Motor matic, motor sport, atau motor gede? Lalu, apakah Anda hanya akan menerima servis kendaraan, atau menerima layanan lain seperti modifikasi? Tentukan konsep bengkel dan segmen pasar Anda dengan matang.

Anda juga mesti sesuaikan dengan kemampuan skill team mekanik Anda dalam memilih konsep di awal ini. Memang kedepan bisa di sesuaikan, namun jika dari awal Anda sudah siap dengan didukung skill team mekanik yang mumpuni, maka percepatan bengkel Anda ramai akan terpenuhi segera.

Jika montir yang Anda miliki terbiasa mengatasi motor bebek, jangan memaksakan untuk menerima motor jenis lain. Selain berisiko, Anda juga mempertaruhkan reputasi bengkel.

Akan lebih baik lagi jika montir memiliki keahlian serba bisa. Anda pun bisa bekerja sama dengan lebih dari satu mekanik dengan kemampuan yang berbeda. Semakin banyak jasa yang dapat bengkel berikan, semakin luas target pasar Anda.

Penentuan konsep ini juga bisa berpengaruh pada besaran modal yang harus Anda keluarkan. Misalnya saja, bengkel untuk motor gede kemungkinan membutuhkan lahan yang lebih besar serta beberapa peralatan khusus.

Promosi yang Tepat Sasaran

Promosi layanan bisa dilakukan secara berkala sesuai dengan keadaan. Misalnya saja, pada musim yang mudah membuat motor kotor, Anda bisa memberikan promosi cuci motor gratis setelah transaksi dengan jumlah tertentu.

Baca Juga :  7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Setelah Mengalami Kegagalan

Promo lainnya yang bisa dilakukan adalah gratis pengecekan rem atau oli. Setelah dicek, keputusan kembali pada pemilik motor apakah mau memanfaatkan layanan selanjutnya atau tidak. Sebaiknya, pasang penanda seperti spanduk untuk menarik minat para pemilik sepeda motor.

Kejujuran Mekanik

Jujur saja, Anda pasti pernah mendengar cerita pemilik sepeda motor yang merasa tertipu karena mekanik menganjurkan servis yang tidak terlalu perlu. Akibatnya, biaya yang dikeluarkan jadi besar. Padahal mungkin, beberapa servis masih bisa dilakukan satu atau dua bulan kemudian.

Untuk itulah, peran mekanik sangat besar dalam menggaet konsumen. Banyak pengendara motor tidak terlalu mengerti tentang seluk beluk mesin sehingga mereka membutuhkan tempat konsultasi yang jujur dan jitu.

Berikan informasi yang tepat mengenai kondisi mesin, apa saja yang harus direparasi, apa akibatnya jika tidak segera diperbaiki, atau kapan batas aman penggunaan spare part tertentu. Mekanik atau sang montir juga harus bisa menjadi tempat curhat yang asik untuk para pemilik motor.

After Service yang Baik

Usaha masa kini harus menerapkan after service yang baik. Secara sopan, minta data konsumen sebagai bentuk kepedulian Anda. Dua atau tiga hari setelah perbaikan selesai, hubungi konsumen melalui pesan singkat atau telepon untuk menanyakan hasil servis dan kondisi motornya setelah pulang dari bengkel. Hal ini bisa meningkatkan loyalitas konsumen secara signifikan.

Baca Juga :  Kenali 9 Kode Eror Netflix dan Cara Memperbaikinya

Berikan Layanan yang Tidak Ada di Bengkel Lain

Coba lihat sekeliling lokasi usaha, adakah bengkel motor lainnya? Lakukan sedikit riset dan lihat apa yang belum ditawarkan oleh bengkel tersebut. beberapa inovasi yang mungkin Anda lakukan adalah layanan antar jemput atau servis di rumah. Bengkel juga akan menarik hati banyak pelanggan kalau bisa menyelesaikan kasus kerusakan yang tidak bisa diperbaiki di tempat lain.

Manfaatkan Komunitas

Sebagai usaha yang bergerak di bidang jasa, sebuah bengkel harus bisa menangani berbagai merek dan tipe motor. Hal ini bisa menjadi nilai lebih. Strategi lain yang bisa Anda terapkan adalah aktif dalam komunitas tertentu. Saat ini, banyak komunitas otomotif yang tergabung berdasarkan tipe motor.

Akan lebih baik kalau Anda atau mekanik memiliki koneksi di dalam komunitas. Biasanya, kalau sudah aktif dalam suatu komunitas otomotif, Anda bisa dengan mudah merekomendasikan bengkel pada anggota lainnya. Sesekali, bengkel bisa berpartisipasi dalam event otomotif yang diadakan komunitas tersebut.

Selain itu, waktu juga menjadi perhatian dalam mereparasi motor. Beberapa konsumen tidak mau menunggu terlalu lama karena kendaraan akan segera digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Apabila kerusakan tergolong berat, beri perkiraan waktu perbaikan dan tepati batas waktu tersebut.

Sumber.

Leave a Reply