Catatan Manis Indosat Ooredoo di Bawah Komando CEO Ahmad Abulaziz

Ucard, Jakarta – Pandemi COVID-19 mendatangkan tantangan besar bagi para pelaku industri di berbagai sektor. Inovasi dan kejelian melihat peluang pasar menjadi kunci utama bagi perusahaan untuk bertahan dalam situasi yang penuh ketidakpastian.

Indosat Ooredoo termasuk perusahaan yang berhasil menjawab tantangan pandemi COVID-19. Di bawah kepemimpinan Abdulaziz A. A. Al-Neama, Indosat Ooredoo masih tetap menorehkan kinerja positif sepanjang tahun 2020.

Kinerja positif Indosat Ooredoo sebagai salah satu operator seluler dan provider jaringan internet tercermin dari meningkatnya total pendapatan perusahaan sebesar 9,2% dibandingkan tahun lalu. Sepanjang sembilan bulan tahun 2020, Indosat Ooredoo menghimpun total pendapatan sebesar Rp 20,6 triliun.

Kenaikan total pendapatan tersebut ditopang oleh peningkatan pendapatan seluler hingga 12,9% dibandingkan tahun lalu, jumlahnya menyentuh Rp 17 triliun. Sementara itu, pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) perusahaan juga tumbuh positif 17% dari tahun lalu, senilai Rp 8,5 triliun. Adapun EBITDA margin perusahaan berada di level 41,1%, yang artinya naik 2,7 bps dibandingkan 2019.

Dalam setahun kepemimpinan Ahmad Abdulaziz sebagai President Director & CEO, perusahaan telekomunikasi yang identik dengan warna kuning itu juga membukukan tambahan jumlah pelanggan seluler menjadi 60,4 juta, tumbuh 2,8% dari jumlah pelanggan seluler di 2019. Tambahan jumlah pelanggan diikuti rata-rata pendapatan bulanan per pelanggan (ARPU) sebesar Rp 31,7 ribu dari sebelumnya Rp 27,8 ribu, serta trafik data yang melonjak 54,7% dibandingkan tahun lalu.

Pertumbuhan jumlah pelanggan beserta ARPU menjadi penanda investasi jaringan, inisiatif digital, dan penawaran ke pelanggan yang dilakukan Indosat Ooredoo telah membuahkan profit. Di saat operator seluler berlomba menyodorkan paket data internet dengan proporsi unlimited, Indosat Ooredoo selangkah lebih maju karena bisa menyediakan fasilitas unlimited dibarengi jaringan stabil dengan harga terjangkau.

Di tengah kondisi pandemi yang mendorong percepatan digitalisasi di bermacam lini kehidupan, Indosat Ooredoo menelurkan berbagai inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan jaringan seluler dan koneksi internet memadai. Indosat Ooredoo aktif menjajaki kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyediakan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Baca Juga :  Polisi Siapkan Pengalihan Arus Kendaraan di Sekitar Istana Merdeka

Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo bekerja sama dengan Google meluncurkan IM3 Ooredoo ‘Phone Line’ dengan Asisten Google secara resmi. Melalui layanan ini, pelanggan dapat memperoleh informasi apapun yang dibutuhkan lewat panggilan telepon ke 696 secara gratis.

Di saat aktivitas masyarakat dibatasi, sehingga lebih banyak interaksi lewat jejaring virtual, Indosat Ooredoo menyediakan layanan IM3 Ooredoo Official WhatsApp. Lewat layanan tersebut, pengguna maupun bukan pengguna IM3 Ooredoo dapat mencari tahu info produk, mengisi ulang pulsa, membayar tagihan, membeli paket, hingga menyampaikan keluhan terkait kebutuhan telekomunikasi dengan mudah melalui WhatsApp, kapanpun dan di mana pun.

Inovasi yang dihadirkan Indosat Ooredoo tidak hanya ditujukan bagi pengguna layanan. Perusahaan juga aktif membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19. Salah satunya, Indosat Ooredoo Business menghadirkan layanan Smart City, Hybrid Cloud, dan Big Data. Layanan Smart City Indosat Ooredoo yang dibangun bekerja sama dengan Qlue membantu pemerintah kota memantau pergerakan dan aktivitas masyarakat Indonesia terkait dengan protokol kesehatan COVID-19, seperti kewajiban memakai masker, pemeriksaan suhu tubuh, pemantauan kapasitas gedung, dan penggunaan transportasi untuk menghindari terjadinya penularan virus Covid-19. Selain untuk memantau implementasi protokol kesehatan Covid-19, solusi Smart City ini juga dapat digunakan sebagai sarana koordinasi dan kolaborasi antara dinas atau instansi di pemerintah kota.

Indosat Ooredoo tak mengejar keuntungan semata di situasi darurat pandemi COVID-19. Lebih dari itu, Indosat Ooredoo berperan aktif membantu pemerintah mengatasi keterbatasan di masa pandemi. Indosat Ooredoo bersama pemerintah berkolaborasi membantu jutaan guru dan siswa di Tanah Air menyediakan akses internet berkecepatan tinggi yang mudah dijangkau.

Di bidang pendidikan, Indosat Ooredoo bekerja sama dengan bekerja sama dengan Nexford University, lembaga pendidikan berbasis online dari Washington DC, memberikan beasiswa untuk 10 ribu pelajar di Indonesia. Indosat Ooredoo dan Nexford University akan memberikan kuota internet 20 GB per bulan untuk a pelajar Indonesia yang mendaftar untuk mengambil kursus di Nexford, sertifikasi, atau program sarjana selama periode pembelajaran.

Baca Juga :  Waspada Anomali Sektor Pangan Jelang Ramadhan

Dukungan dari Indosat Ooredoo juga ditujukan kepada pelaku usaha yang menghadapi pukulan telak kemerosotan ekonomi akibat pagebluk virus Corona. Dukungan dari Indosat Ooredoo diwujudkan berupa peluncuran produk dan layanan inovatif.

Ada IMpreneur untuk mendukung pelaku UMKM berbisnis di masa pandemi, WhatsApp business untuk layanan pelanggan yang lebih cepat, Voice over LTE (VoLTE) dengan suara yang lebih jernih untuk akses internet sambil telpon. Perusahaan juga menghadirkan solusi Cloud Connect, smart city, hybrid cloud dan big data bagi pelanggan korporasi.

Indosat Ooredoo juga menunjukkan kepedulian sosial dengan beragam cara, di antaranya Paket Data untuk Madrasah, survei untuk UN Women, Kompetisi Madrasah Young Research (MYRes), serta API Gift Data untuk mempercepat penyaluran kuota bantuan Program PJJ, dan sebagainya.

Kinerja positif perusahaan serta kepedulian sosial yang ditunjukkan berbuah apresiasi dari berbagai pihak. Sepanjang tahun 2020 Indosat Ooredoo mendapatkan beragam penghargaan, antara lain Stevie International Business Award, Frost & Sullivan Award, K3 Award 2020, Asia Responsible Enterprise Award, HR Asia Award, ALB Indonesia Law Award, dan Corporate Sustainability Index.

Berbagai pencapaian yang diraih selama setahun terakhir menjadi catatan yang baik untuk Ahmad Abdulaziz sebagai nakhoda Indosat Ooredoo. Namun, berbagai pencapaian tersebut tak membuat Indosat Ooredoo berhenti berinovasi untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia dan mendukung pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19.

(aj) sumber…

Leave a Reply