Cegah Corona, Pemerintah Batalkan Sejumlah Event Internasional di Surabaya

GenBisnis, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya membatalkan sejumlah acara internasional yang diselenggarakan di Kota Pahlawan, Jawa Timur, sepanjang 2020 menyusul masukan dan saran dari elemen masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Surabaya Ikhsan, di Surabaya, Rabu (11/3/2020), mengatakan bahwa sebenarnya pemerintah daerah telah menyiapkan berbagai acara internasional yang bisa digunakan untuk mengundang tamu dari luar negeri.

“Tapi semua itu dibatalkan dulu karena khawatir terhadap virus COVID-19 ini,” katanya.

Bahkan, tambahnya, ada kementerian negeri asing yang punya rencana perjalanan ke Surabaya ikut dibatalkan karena takut penyebaran virus ini. Kunjungan-kunjungan kerja Walikota Risma ke luar negeri yang mendesak ikut dibatalkan karena virus ini.

“Semua pembatalan itu dilakukan sebagai wujud antisipasi. Sebab, apabila satu aja jebol, akan membuat kekhawatiran kepada semua masyarakat di sekitarnya. Semoga Surabaya selamat dari virus ini,” katanya.

Baca Juga :  Untuk Daftar Kartu Pra Kerja Nantinya Bisa Melalui Online

Perlu diketahui event internasional yang biasanya mengundang tamu asing adalah rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-727 Kota Surabaya digelar pada 31 Mei, festival ini meliputi Rojak, Surabaya Vaganza dan lain-lain.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Pemerintah Kota Surabaya kembali menolak semua kapal pesiar yang akan bersandar di Kota Pahlawan, termasuk MV Columbus direncanakan untuk bersandar di Surabaya pada tanggal 12 Maret 2020.

Ikhsan mengatakan setelah memperhatikan masukan dan saran dari berbagai elemen yang terkait dengan penyebaran masyarakat virus COVID-19 di berbagai negara, dan dalam upaya untuk meminimalkan resiko kontaminasi dari sumber infeksi dan untuk melindungi warga kota Surabaya.

Untuk sementara waktu, ia menambahkan, Pemerintah Kota Surabaya tidak menerima atau menolak kunjungan kapal pesiar MV Columbus ke Surabaya pada 12 Maret 2020. “Jadi, masyarakat sudah mulai resah karena kedatangan direncanakan kapal pesiar, jadi kami memutuskan untuk tidak menerima kunjungan kapal pesiar ini, “kata Ikhsan.

Baca Juga :  Kisah Perjalanan Jeff Bezos Hingga Menjadi Orang Terkaya Didunia

Menurut Ikhsan, keputusan itu telah melalui rapat koordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam penerimaan kapal pesiar, termasuk master pelabuhan, KKP, Imigrasi, Bea Cukai, PT Pelindo dan berbagai pihak yang terlibat dalam penerimaan kapal pesiar.

“Hasil pertemuan tersebut, Pemerintah Kota Surabaya sementara menunda (menolak) penumpang dan perjalanan awak kunjungan kapal pesiar di kota Surabaya,” katanya.

Sumber.

3 Replies to “Cegah Corona, Pemerintah Batalkan Sejumlah Event Internasional di Surabaya”

Leave a Reply