Cegah Penyebaran Covid, Sidoarjo Kembali Terapkan Jam Malam Per 3 Juli

GenBisnis, Jakarta – Untuk terus menekan penyebaran Covid-19, Sidoarjo kembali menerapkan jam malam seperti yang sudah dilakukan sebelumnya. Penerapan jam mala ini sudah mulai diberlakukan mulai Jumat, 3 Juli 2020 dari pukul 22.00-04.00 WIB.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji menuturkan, penerapan jam malam kembali diberlakukan seiring jumlah pasien COVID-19 bertambah.

Selain itu, masyarakat setelah pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih abai terhadap protokol kesehatan seperti tidak memakai masker.

Sumardji  mencontohkan,  anak muda sering nongkrong di tempat tongkrongan, alun-alun hingga larut malam dan disayangkan tidak memakai masker.

“Penambahan (pasien-red) tiap hari cukup banyak. Harus tegas kepada masyarakat. Mau tak mau perlu langkah strategis dan berani tegas, susah kalau menunggu sadar dengan sendiri,” ujar Sumardji saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (3/7/2020).

Baca Juga :  Pakai Ventilator Tidak Dapat Menyelamatkan Covid-19

Oleh karena itu, jam malam diberlakukan kembali dari pukul 22.00-04.00 WIB.  Sumardji mengatakan, bagi pekerja shift malam diharapkan membawa surat keterangan kerja seiring berlakunya jam malam.

 “Masyarakat pun sudah sampai di rumah pukul 22.00 WIB,” kata dia.

Sumardji mengatakan, langkah ini dilakukan untuk menekan COVID-19 di Sidoarjo. Penerapan jam malam ini berlaku hingga pandemi COVID-19 dapat ditekan di Sidoarjo, Jawa Timur. “Sampai pandemi di Sidoarjo ini melandai,” ujar Sumardji.

Mengutip data dinas kominfo yang diunggah di instagram@jatimpemprov, ada tambahan pasien baru Corona COVID-19 sebanyak 66 orang di Sidoarjo menjadi 1.704 orang hingga Kamis, 2 Juli 2020.

Pasien sembuh dari Corona COVID-19 bertambah dua orang menjadi 254 orang. Di satu sisi, pasien meninggal mencapai 117 orang.

Baca Juga :  Kabar Baik! Pasien Yang Sembuh Akibat Covid-19 Terus Meningkat

Mengutip instagram @kominfo_sidoarjo, dalam rangka pemberlakuan jam malam ini, yang akan dilakukan penutupan pada beberapa titik antara lain:

1.Pos lalu lintas Waru dari arah Surabaya menuju arah Sidoarjo

2.Kawasan car free day depan alun-alun

3.Traffic light dari arah Porong menuju Sidoarjo

4.Pertigaan Suko, Cemengkalang menuju kota Sidoarjo

5.TL Maspion 2 menuju Kota Sidoarjo

(EK) Sumber

Leave a Reply