Cicilan Rumah 250 Juta Perbulan, Iis Dahlia Tak Ambil Pusing, Ini Caranya!

Genbisnis – Belum lama ini pedangdut Iis Dahlia mengaku kesulitan membayar cicilan kredit rumah lantaran pendapatannya menurun akibat penyebaran virus corona. Berbagai program reguler yang biasa ia lakukan, terpaksa dikurangi selama masa penanganan COVID-19.

Pelantun lagu Payung Hitam itu mengatakan, total Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang mesti dikeluarkan tiap bulannya mencapai Rp 250 juta.

Lantas, apa yang mesti dilakukan Iis terkait persoalan KPR di tengah pandemi?

Perencana Keuangan Advisor Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengatakan, Iis dan siapa pun yang mengalami kesulitan membayar cicilan KPR karena corona, bisa mencoba dua solusi. Pertama, dengan mengajukan relaksasi KPR pada bank yang memberikan pinjaman.

Baca Juga :  Kendaraan Bermotor Kena Cukai, Pengusaha Kebingungan

“Bila disetujui, relaksasinya bisa dalam bentuk penundaan kredit, penurunan jumlah cicilan yang harus dibayar. Bisa juga jangka waktu pembayaran yang diperpanjang,” jelas Andy.

Jika cara pertama ini mengalami kendala, seperti memerlukan waktu atau belum disetujui, Andy menyarankan tidak ada salahnya pembayaran ditanggulangi dengan menggunakan tabungan atau aset lain yang prioritasnya di bawah rumah tersebut.

“Mengambil dari tabungan yang ada, menggadai atau menjual aset yang dapat menutupi. Opsi terburuk, melepas rumah tersebut dan kemudian mencari hunian sementara yang lebih murah cicilannya,” jelasnya.

Mengenai relaksasi kredit ini, Pengamat Perbankan Paul Sutaryono mengatakan, opsi tersebut sangat mungkin untuk dipilih Iis. Apalagi, menurutnya, Bank Indonesia (BI) sudah menurunkan suku bunga acuan sebesar 150 basis poin dari 6 persen menjadi 4,5 persen.

Baca Juga :  Apartemen Mewah yang Berada di Hong Kong Kini Pangkas Harga Sewa Hingga 20% Akibat Wabah Corona

“Kredit apa pun sejauh plafon maksimal Rp 10 miliar dan terdampak COVID-19, debitur dapat mengajukan restrukturisasi kredit. Itu termasuk KPR apalagi dengan suku bunga mengambang, karena suku bunga demikian amat tergantung pada suku bunga acuan BI atau BI 7 Day Reverse Repo Rate,” jelasnya.

(AW) Sumber.

Leave a Reply