Gejala-gejala Jika Seseorang Terinfeksi Virus Corona

GenBisnis – Dua orang di Indonesia dinyatakan positif virus corona. Hal itu diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, Senin (02/02/2020).

Menurut Jokowi, dua warga negara Indonesia (warga negara) memiliki riwayat utelah melakukan kontak dengan warga Jepang yang datang ke Indonesia. warga Jepang tersebut ternyata telah terjangkit virus corona dan terdeteksi setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia.

Ini adalah kasus pertama kalinya warga Indonesia terjangkit virus korona.

Gejala

Kabarnya Business Insider, Sabtu (2020/02/22), sekitar 20 persen pasien memiliki kasus penyakit yang parah atau menjadi sakit kritis.

Demam menjadi gejala yang paling umum diantara pasien yang terkena korona.

Penelitian yang melibatkan hampir 140 pasien di Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan University, mengidentifikasi pola khas gejala yang berhubungan dengan ke-19 virus corona Covid.

  • Tentang 99 persen pasien memiliki suhu tinggi, sementara lebih dari setengah menimbulkan kelelahan dan batuk kering.
  • Lebih kurang dari sepertiga mengalami nyeri otot dan kesulitan bernapas.
  • Gejala pertama mungkin tidak langsung terlihat setelah seseorang terinfeksi.

Seorang ahli dalam bidang epidemiologi di University of Texas Lauren Ancel Meyers mengungkapkan, pasien mungkin terinfeksi tanpa menunjukkan gejala selama lima hari atau lebih.

Namun, bila gejala muncul, dapat mirip dengan pneumonia. Covid-19 dapat memburuk dari waktu ke waktu, yang dimana gejala selanjutnya adalah apa yang membedakan dari pneumonia.

Baca Juga :  Beginilah Caranya Untuk Hasilkan Uang Dari Hobi

“Pneumonia biasanya tidak berkembang pesat,” kata ahli radiologi di University Thomas Jefferson, Paras Lakhani.

“Biasanya, kebanyakan rumah sakit akan memperlakukan dengan antibiotik dan penderita akan menstabilkan dan kemudian mulai membaik,” lanjutnya.

Pasien terkena korona bisa lebih buruk, bahkan setelah menerima pengobatan.

Pola harian gejala virus corona

Pola gejala yang berkembang antara pasien virus corona, yaitu:

  • Hari 1: Pasien demam. Pasein juga mungkin mengalami kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Sebagian kecil dari mereka mungkin memiliki diare atau mual selama satu atau dua hari sebelumnya.
  • Hari 5: Pasien mungkin mengalami kesulitan bernapas, terutama jika di usia yang lebih tua atau memiliki riwayat penyakit yang sudah ada.
  • Hari 7: Ini adalah waktu rata-rata gejala memburuk, sebelum pasien dirawat di rumah sakit, menurut penelitian oleh University of Wuhan.
  • Hari 8: Pada titik ini, pasien dengan kasus yang berat (15 persen, menurut China CDC) mengalami akut respiratory distress syndrome (ARDS), penyakit yang terjadi ketika koleksu cairan terkumpul di paru-paru. ARDS sering berakibat fatal.
  • Hari 10: Jika pasien memiliki gejala memburuk, ini adalah waktu dalam perkembangan penyakit ketika mereka kemungkinan besar akan dirawat di ICU. Pasien-pasien ini mungkin mengalami sakit perut dan kehilangan nafsu makan dibandingkan pasien dengan kasus-kasus ringan. Hanya sebagian kecil orang mati. Angka kematian mencapai sekitar 2 persen.
  • Hari 17: Rata-rata, orang yang telah sembuh dari virus dibolehkan pulang dari rumah sakit setelah dua setengah minggu.
Baca Juga :  Syarat Membuat KTP Baru dan Cara Mengurus KTP Yang Hilang

Lantas, bagaimana penularannya?

Penularan virus corona

Virus ini pertama kali diidentifikasi di wilayah Wuhan, Hubei, China, pada akhir tahun lalu, dan menewaskan ribuan orang.

Virus corona adalah keluarga besar virus yang menyebabkan flu umum untuk penyakit yang lebih parah, seperti Mers dan SARS.

Dilansir dari cdc.gov, virus corona dapat menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang lain melalui berbagai cara, seperti:

  • Melalui udara dengan batuk dan bersin.
  • Kontak pribadi, seperti menyentuh dan berjabat tangan.
  • Menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan.
  • Kontaminasi tinja, tetapi ini jarang terjadi.

Sumber.

6 Replies to “Gejala-gejala Jika Seseorang Terinfeksi Virus Corona”

  1. semoga cepat terpecahkan masalah virus corona saya sangat kawatir jika lama” dengan isu corona. terimakasih infonya min

Leave a Reply