Gojek Salurkan Kredit UMKM Dari Bank Plat Merah

GenBisnis, Jakarta – Gojek Indonesia terpilih menjadi salah satu mitra pemerintah serta bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himbara untuk program penyaluran kredit bagi sektor UMKM yang dikemas dalam produk DigiKu.

Fasilitas pinjaman dengan bunga ringan itu merupakan bagian dari upaya pemerintah menjaga kinerja UMKM di tengah pandemi Covid-19, mengingat kontribusinya yang besar terhadap perekonomian nasional.

Chief Public Policy and Government Relations Gojek Shinto Nugroho mengatakan bagi Gojek, bergabungnya perusahaan itu dalam program DigiKu yang diluncurkan oleh Kemenko Maritim dan Investasi bersama Himbara merupakan salah satu bentuk kontribusi startup anak bangsa ini mensukseskan inisiatif Bangga Buatan Indonesia.

“Sejak awal Mei lalu, Gojek terus berpartisipasi aktif mengkampanyekan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan berbagai Kementerian dan Instansi. Kolaborasi dengan Himbara kali ini merupakan perluasan dari komitmen kami membantu jutaan UMKM yang terdampak pandemi supaya mereka bisa bangkit, dan maju bersama Gojek menggerakkan perekonomian Indonesia,” ujarnya, Minggu (19/7/2020).

Baca Juga :  Inilah Alasannya Kenapa Seorang Pebisnis Wajib Memperhatikan Kebutuhan Pelanggan

Shinto melanjutkan pada program DigiKu, Gojek sudah berkolaborasi dengan BRI, salah satu bank Himbara untuk menyediakan akses fasilitas pinjaman bunga ringan kepada mitra pengusaha termasuk pengemudi.

Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra kami, sehingga fasilitas pinjaman bunga ringan ini akan membantu meringankan beban keuangan mereka. Khususnya bagi UMKM, fasilitas yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha sekaligus menangkap kesempatan baru.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya gotong royong Bank BRI dan Pemerintah yang telah memberikan fasilitas pinjaman khusus dirancang bagi mitra UMKM kami agar mereka bisa maju bersama ekosistem Gojek,” ungkapnya.

Ketua Umum Himbara yang juga menjabat Dirut Bank BRI Sunarso mengatakan jika kerja sama dengan Gojek di produk DigiKU ini merupakan penguatan kerjasama yang dijalin bank plat merah itu dengan Gojek dan beberapa platform digital lainnya, seperti Tokopedia dan Shopee.

Baca Juga :  Cara Cerdas Agar Bisnis Bengkel Motor Terus Eksis

Sejak Mei 2020, Sunarso mengakui jika Bank BRI sebenarnya telah menggandeng Gojek dan platform digital lainnya dalam rangka membuka akses pengajuan KUR lewat channeling online. Fasilitas KUR yang ditawarkan hingga maksimal Rp50 juta, dengan tenor maksimal 3 tahun.

(QR) Sumber.

Leave a Reply