Hal-hal Yang Bisa Dilakukan Agar Bisnis Mampu Bertahan Di Masa-masa Sulit

GenBisnis – Harapan bagi setiap pebisnis tentu adalah memiliki bisnis atau usaha yang bisa bertahan lama dan bisa tetap eksis apapun perkembangan yang terjadi. Penurunan daya beli berimbas penurunan penjualan dapat mengancam semua bisnis,  namun usaha kecil bisa sangat rentan.

Parahnya, banyak usaha kecil sering tidak memiliki cara untuk membantu bisnis mereka menghadapi masa-masa sulit seperti ini.

Dikutip dari entrepreneur.bisnis.com, Perencana Keuangan Bersertifikat Jess Rose mengulas dan mengomentari artikel “7 Smart Money Moves Self-Made Millionaires Make in Challenging Times.”

Ini merupakan artikel yang diterbitkan di Grow from Acorns, sebuah situs pengetahuan finansial dan kekayaan pribadi.

Menurut artikel tersebut, miliarder self-made melakukan hal-hal berikut selama dihadapi masa-masa sulit untuk tetap bertahan.

Baca Juga :  Wow! Inilah 9 Cara Jitu Meningkatkan Target Penjualan

1. Carilah peluang

Rose berbicara tentang dua pola pikir, pola pikir kelimpahan (abundance) dan pola pikir kelangkaan (scarcity), di mana dia setuju bahwa Anda dapat menemukan peluang bahkan selama pandemi jika Anda terbuka untuk itu.

2. Fokus pada identifikasi dan pemecahan masalah

Rose setuju bahwa mencari tahu apa yang orang perjuangkan dan menemukan solusi serta berputar dan beradaptasi adalah langkah cerdas.

3. Ingatlah bahwa semuanya bisa dinegosiasikan

Rose berbicara tentang pentingnya meminta apa yang Anda inginkan, karena hal terburuk yang dapat Anda katakan adalah tidak. “Bersedialah untuk bertanya atau Anda tidak akan pernah mendapatkan jawaban ya,” kata Rose.

Leave a Reply