Hand Sanitizer Langka, Bikin Sendiri Saja

GenBisnis, Surabaya – Keberadaan hand sanitizer di Indonesia kini menjadi langka di pasaran sejak merebak virus corona. Bahkan harganya makin melambung. Masyarakat pun kewalahan untuk membeli.

Namun kini masyarakat tak perlu khawatir lagi. Sebab, hand sanitizer bisa dibuat sendiri di rumah. Cara membuat hand sanitizer, dibutuhkan bahan lidah buaya sebanyak 1%, alkohol konsentrat 70% sebanyak 60% dan glycerol kurang dari 5%.

“Cara sederhana yang digunakan gel lidah buaya dikupas dulu dan dicuci dengan air mengalir untuk menghilangkan lendir. Lalu potong kecil-kecil, blender dengan dicampur air. Setelah itu disaring dan diambil airnya,” kata Dosen Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) Endang Wahyu Fitriani, Jumat (6/3/2020).

Baca Juga :  Tips Cerdik Bikin Jualan Online Meroket Di Kondisi Krisis Corona

Selanjutnya, jelas dia, ditambahkan air untuk hand sanitizer lalu air ini dicampur dengan bahan lainnya seperti alkohol dan glycerol. Glycerol digunakan sebagai pelembab.

Endang menjelaskan, penggunaan bahan lidah buaya ini karena memiliki kandungan disinfektan (Antiseptik pembunuh bibit penyakit). Selain membuat lembut pada kulit, juga tidak mengalami kekeringan pada kulit.

Nantinya, hand sanitizer berbahan dasar lidah buaya akan diuji secara mikrobiologis untuk mengetahui efektivitasnya secara pasti.

“Tapi kalau dari literatur lidah buaya sendiri memang mempunyai manfaat antiseptik, antibakteri. Jadi sebenarnya kalau digunakan hand sanitizer memang sudah benar,” jelasnya.

Sementara untuk bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

“Lidah buaya dapat ditemukan di penjual tanaman, sedangkan alkohol 70% dan glycerol dapat ditemukan di apotek atau supplier cosmetik,” tandasnya.

Baca Juga :  Ketiga Pasien Sembuh dari Virus Corona dan Berikan Pernyataannya di RSPI Sulianti Saroso

Di samping itu, Ketua Kelompok Studt Mahasiswa Cosmetology Study Group (KSM CSG) Gabrielle Regina Perlita mengaku ada 67 orang yang terlibat dalam pembuatan hand sanitizer. Mereka terbagi dalam kelompok dan secara bergantian membuat hand sanitizer dari ekstrak aloe vera.

“Kami bergantian membuat hand sanitizer yang diproduksi untuk kami,” tambahnya.

Sumber.

One Reply to “Hand Sanitizer Langka, Bikin Sendiri Saja”

Leave a Reply