Harga Emas Hari Ini, 4 November 2020

JAKARTA – Harga emas bergerak menguat pada perdagangan hari ini, Rabu (4/11/2020), seiring dengan pelemahan indeks dolar Amerika Serikat.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas berjangka Comex untuk kontrak pengiriman Desember 2020 terpantau menguat 3,5 poin atau 0,18 persen ke level US$1.913,90 per troy ons pada pukul 07.05 WIB.

Sementara itu, harga emas di pasar spot terpantau menguat 0,32 persen atau 6,08 poin ke level US$1.915,25 per troy ons.

Harga emas kembali ke kisaran level US$1.900 menyusul pelemahan dolar AS di tengah berlangsungnya Pemilihan Presiden (Pilpres) AS.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, terpantau melemah 0,576 poin atau 0,61 persen ke level 93,553 pada akhir perdagangan Selasa (3/11/2020).

Baca Juga :  Inilah 5 Hal Yang Harus di Lakukan Para Milenial Sebelum Membuka Bisnis

Laporan Monex Investindo Futures menyampaikan Dolar AS kembali melemah sebelum pemungutan suara Presiden AS yang berlangsung malam hari nanti.

AS akan melakukan pemilihan Presiden pada 3 November 2020 waktu setempat, menempatkan incumbent Donald Trump dari Partai Republik, melawan penantangnya, Joseph Robinette Biden Jr. (Joe Biden), dari Partai Demokrat, yang pernah menjabat sebagai wakil presiden AS saat masa presiden Barack Obama.

Pasar bersikap hati-hati menjaga semua kemungkinan dalam Pilpres AS nanti. Namun, adanya harapan bahwa stimulus bantuan corona masih akan dibahas kembali setelah terpilihnya Presiden AS selanjutnya, memicu pelemahan dolar AS saat ini.

“Kekhawatiran perlunya pinjaman hutan AS yang lebih besar dan data yang menunjukkan berkurangnya minat beli pada surat hutang AS memicu pelemahan dolar AS,” papar Monex.

Baca Juga :  Dibayangi Pandemi, Aksi IPO Saham di Lantai Bursa Tetap Semarak

(zq)

Leave a Reply