Harga Emas Hari Ini, Senin 16 November 2020

Genbisnis.com, JAKARTA – Harga emas mencetak rebound di akhir pekan lalu seiring dengan peningkatan kasus infeksi virus corona (Covid-19) di berbagai negara. Harga emas diperkirakan bakal terus meningkat bila perekonomian global masih dilanda ketidakpastian.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emsa spot naik 0,66 persen ke level 1.889,20 per troy ounce pada penutupan Jumat (13/11/2020). Adapun harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2020 naik 0,60 persen ke posisi US$1.886,2 per troy ounce.

Para analis menyebut, ada tiga faktor yang membuat harga emas tetap bersinar, yaitu ketidakpastian global, peningkatan kasus infeksi virus corona, dan pemberian stimulus untuk pemulihan ekonomi.

Dilansir dari Kitco News, TD Securities menyebut kenaikan sentimen vaksin Covid-19 sebetulnya berdampak positif terhadap harga emas karena hal itu bakal mengerek ekspektasi inflasi. Untuk diketahui, emas diburu karena dinilai bisa melindungi aset dari inflasi.

Baca Juga :  2021, Sri Mulyani Tuntut Penguatan Anggaran Kementerian Berbasis Hasil Kerja

Prospek emas yang positif pekan ini berkebalikan dengan pergerakan sepanjang pekan lal yang turun 3,4 persen.Kepemilikan emas ETF turun menjadi 3.436,4 ton pada Kamis, terendah dalam enam minggu, menurut penghitungan awal oleh Bloomberg.

(ZQ) sumber.

Leave a Reply