Ilmuwan Sukses Mencoba Teleportasi Pada Tingkat Elektron

Genbisnis, Jakarta – Jika tahun lalu para ilmuwan mengkonfirmasi bahwa informasi dapat diberikan di antara foton (partikel dasar dalam fenomena elektromagnetik) pada chip komputer bahkan ketika foton tidak terhubung secara fisik, kini menurut penelitian baru dari University of Rochester dan Purdue University, teleportasi dimungkinkan antar elektron.

Teleportasi kuantum adalah sarana penting untuk mentransmisikan informasi dalam komputasi kuantum. Sementara komputer tipikal terdiri dari miliaran transistor, yang disebut bit.

Komputer kuantum menyandikan informasi dalam bit kuantum, atau qubit. Sebuah bit memiliki nilai biner tunggal, yang bisa berupa ‘0’ atau ‘1’, qubit dapat berupa ‘0’ dan ‘1’ pada saat yang sama. Kemampuan masing-masing qubit untuk secara bersamaan menduduki sejumlah keadaan mendasari potensi terwujudnya teleportasi.

Baca Juga :  Huawei Alihkan Jalur Data Lewat China

Para ilmuwan baru-baru ini mendemonstrasikan teleportasi kuantum dengan menggunakan foton elektromagnetik untuk membuat pasangan qubit yang terjerat dari jarak jauh. Qubit yang dibuat dari masing-masing elektron, juga menjanjikan untuk mentransmisikan informasi dalam semikonduktor.

“Elektron individual adalah qubit yang menjanjikan karena mereka berinteraksi dengan sangat mudah satu sama lain, dan masing-masing elektron qubit dalam semikonduktor juga dapat diukur. Menciptakan interaksi jarak jauh antara elektron sangat penting untuk komputasi kuantum,” kata John Nicol Asisten Profesor Ilmu Fisika di University of Rochester.

Untuk menunjukkan teleportasi kuantum menggunakan elektron, para peneliti memanfaatkan teknik yang baru dikembangkan berdasarkan prinsip kopling pertukaran Heisenberg.

“Kami memberikan bukti untuk ‘pertukaran keterikatan,’ di mana kami menciptakan keterikatan antara dua elektron meskipun partikel tidak pernah berinteraksi, dan ‘teleportasi gerbang kuantum,’ teknik yang berpotensi berguna untuk komputasi kuantum menggunakan teleportasi. Penelitian kami menunjukkan bahwa ini dapat dilakukan bahkan tanpa foton,” sambung Nichol.

Baca Juga :  Sayang Sekali, Google Gagal Caplok Zoom

Hasil studi ini tentunya membuka jalan bagi penelitian masa depan meskipun nampaknya masih butuh waktu lama untuk mengadopsi teleportasi layaknya yang ada di film-film Hollywood. Demikian melansir Sci Tech Daily.

(QR) Sumber.

Leave a Reply