Indonesia Berpeluang Besar Jadi Negara Maju Ujar Jokowi

GenBisnis, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Indonesia berpeluang menjadi negara maju atau negara berpenghasilan tinggi (high-income countries). Hal ini disampaikannya konferensi forum rektor Indonesia Virtual tahun 2020.

Jokowi mengungkapkan untuk menjadi negara maju bukanlah hal yang mudah sebab banyak negara berkembang yang sudah berpuluh tahun bahkan mendekati satu abad berhenti pada level negara berpenghasilan menengah dan terjebak dalam middle income trap.

“Itu tidak kita inginkan. Pertanyaannya apakah kita punya peluang untuk keluar dari middle income trap? Saya tegaskan, kita punya potensi besar, kita punya peluang besar untuk melewatinya, kita punya peluang besar menjadi negara berpenghasilan tinggi,” ujar Jokowi, seperti dikutip Minggu (4/7/2020).

Jokowi mengungkapkan untuk menjadi negara mau, Indonesia butuh infrastruktur yang efisien dan hal ini sudah mulai dibangun. Selanjutnya, Indonesia butuh sumber daya manusia (SDM) yang memiliki cara kerja cepat, kompetitif dan berorientasi pada hasil.

Baca Juga :  Erick Thohir : Bisa Saja US Dollar Tembus 20.000

“Ini terus kita upayakan dan kita butuh SDM yang unggul, yang produktif, yang inovatif, yang kompetitif. Di sini posisi strategisnya pendidikan tinggi yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi mencetak generasi muda yang produktif dan kompetitif yang selalu berjuang untuk kemanusiaan dan kemajuan Indonesia,” tambah Jokowi.

Jokowi menambahkan tugas universitas mencetak SDM unggul ini tidak bisa dikerjakan dengan cara biasa-biasa saja karena waktunya semakin sempit. Perlu ada terobosan dan strategi baru untuk mencapai hal tersebut.

“Saya paham permasalahan pendidikan tinggi sangat kompleks, saya paham, saya paham ada ribuan anggota forum rektor indoensia FRI dengan kemampuan bervariasi. Ada yang sudah berkomeptisi di kelas dunia, tetapi ada yang masih berjuang dengan kekurangan dosen, yang perpustakaannya tidak layak, yang ruang kelasnya tidak memadai, saya paham,” jelasnya.

Baca Juga :  Seorang Pejabat Positif Corona, Kementerian ESDM Periksa Kolerasi

“Justru karena itulah kita harus mengembangkan cara-cara yang luar biasa. Pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran berharga bagi kita. Krisis telah memaksa kita untuk mengembangkan cara-cara baru, membangun norma-norma baru, membangun standar-standar kebaikan dan kepantasan yang baru.”

Informasi saja, pada 1 Juli 2020 World Bank baru saja memasukkan Indonesia sebagai negara dengan penghasilan menengah ke atas. Gross national income per capita Indonesia naik dari posisi sebelumnya US$3.840 menjadi US$4.050.

(HG) Sumber.

Leave a Reply