Indonesia Positif Corona, Jokowi Imbau Masyarakat Tetap Jaga Kebersihan dan Imunitas

GenBisnis – Presiden Joko Widodo meminta agar masyarakat tetap melakukan berbagai strategi pencegahan infeksi virus corona COVID-19. Hal tersebut disampaikannya usai mengumumkan kasus positif di Indonesia.

“Sejak awal saya sampaikan, bahwa kita harus menjaga higienis, banyak mencuci tangan kita, penting sekali, kontak yang tidak perlu saya kira tidak kita lakukan lebih dulu,” kata Jokowi di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Lebih lanjut, Jokowi meminta juga agar masyarakat tetap menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus corona. “Menjaga tubuh lebih fit, sehingga imunitas kita terjaga,” ujarnya.

Dalam pengumuman tersebut, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah telah serius dalam mempersiapkan ancaman virus corona di Indonesia.

Baca Juga :  Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa pada Jumat 24 April 2020

“Karena kalau kita tidak serius untuk menangani ini, kalau dianggap tidak serius, ini sangat berbahaya karena memang penyakit ini perlu kita waspadai dan perlu kita hati-hati,” kata mantan Walikota Solo ini.

2 Kasus di Indonesia

Indonesia telah mengonfirmasi dua kasus positif virus corona COVID-19. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Terawan.

Terawan menyatakan bahwa mereka tengah melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang berkontak langsung dengan Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif virus corona COVID-19.

“Penelusurannya sudah dilakukan, jadi kita begitu dengar berita kita langsung lakukan penelusuran dan kemudian kita langsung lakukan pemisahan karena kan ini kontak langsung,” kata Terawan dalam konferensi persnya di Jakarta pada Senin (2/3/2020).

Baca Juga :  Siapkan Rp15 Miliar Bali Antisipasi Corona

Terawan mengatakan bahwa penelusuran hanya dilakukan pada mereka yang benar-benar berkontak dekat saja.

“Tidak semua orang yang dilewati dia, kemudian berkontak,” kata Terawan menjelaskan.

Leave a Reply