Ingin Membuka Usaha Sampingan? Inilah Yang Harus Kamu Perhatikan

GenBisnis – Menjadi karyawan seringkali memiliki kekhawatiran takut akan dipecat atau PHK. Rasa khawatir tersebut sebenarnya bisa hilang apabila Anda memiliki bisnis sampingan. Selain menghilangkan rasa takut akan dipecat, bisnis sampingan ini juga bisa menambah pundi-pundi penghasilan Anda.

Impian pendapatan yang besar sekaligus kebebasan mengatur waktu senantiasa menjadi daya tariknya. Tidak sedikit karyawan yang akhirnya menanamkan uang dan memulai usaha sampingan.

Berikut faktor – faktor yang harus dipertimbangkan sebelum menanamkan uang di suatu usaha agar hasilnya bisa sukses sesuai harapan.

1. Waktu

Dengan membangun bisnis sampingan sendiri artinya Anda harus merelakan lebih banyak waktu untuk bekerja dan berbisnis. Hal yang paling penting adalah untuk pintar-pintarnya Anda mengalokasikan waktu antara pekerjaan utama dengan bisnis sampingan.

Baca Juga :  Jangan Harap Dengan Mudah Kembali Ke Jakarta Setelah Mudik

Semua orang membutuhkan istirahat. Namun, apabila Anda sudah berkomitmen berbisnis, maka sudah sewajarnya kalau waktu istirahat Anda akan berkurang. Hal ini disebabkan karena membangun bisnis itu tidak bisa setengah-setengah. Sebagai pekerja sekaligus pebisnis, Anda perlu memiliki manajemen waktu yang baik.

2. Tenaga

Tidak jauh berbeda dengan waktu, saat harus berbisnis sampingan dan bekerja, Anda juga harus mengalokasikan tenaga Anda untuk menjalankan dua hal tersebut. Yang perlu dipahami adalah ketika Anda mengeluarkan tenaga lebih banyak, maka rasa lelah yang akan Anda dapatkan juga semakin membesar. Akan tetapi, Anda juga jangan terlalu memforsir tenaga sehingga menjadi kelelahan atau sakit. Karena akibatnya, bisa jadi kurang maksimal dalam keduanya.

Baca Juga :  Tips Cerdik Agar Bisnis Ritel Sukses

3. Melihat Mitra Kerja

Memanfaatkan mitra kerja juga menjadi hal positif yang bisa dilakukan saat ingin membangun bisnis sampingan. Seperti halnya seorang teller bank yang memiliki nasabah seorang pengusaha bed cover, lalu teller tersebut menawarkan diri untuk menjadi reseller bed cover tersebut demi menambah keuntungan. Anda juga bisa meniru hal tersebut dengan memperhatikan rekan kerja atau klien di sekitar tempat kerja Anda.

Leave a Reply