Wajib Tahu! Cara Efektif Membangun Merek

GenBisnis. Ada sebuah pepatah mengatakan “Tak Kenal maka Tak Sayang”. Pepatah tersebut sangat berlaku bagi kamu yang akan memulai bisnis dari nol.

Memulai bisnis dari nol memanglah sangat sulit. Namun, akan terasa lebih mudah jika calon konsumen mengenali nama dari produk kita. Umumnya, orang-orang hanya peduli dengan nama merek yang mereka kenal, jika mereka mempunyai kepentingan pribadi terhadap sebuah merek.

Merek sangat begitu penting. Karena dengan merek, dapat menumbuhkan rasa loyalitas terhadap konsumen produk kita. Satu-satunya hal yang terpenting bagi konsumen adalah, apakah produk atau merek yang kamu tawarkan dapat menyelesaikan dan memenuhi kebutuhan mereka atau tidak.

Berikut ini 4 tips membangun sebuah merek agar sesuai dengan kebutuhan calon konsumen :

1. Memperkenalkan dengan Baik kepada Target Konsumen Produkmu

Segmentasi pemasaran dapat membantu kamu dalam menentukan target calon konsumen produkmu. Misalnya, dari sisi jenis kelamin, usia, domisili dan jumlah pendapatan.

Kemudian, kamu cari tahu apa yang benar-benar diinginkan oleh para calon konsumen. Apa saja yang membuat mereka nyaman maupun yang tidak nyaman.

Baca Juga :  Bisnis Kartu Kredit BCA di Tengah Sentimen Corona

2. Menjadi “Purple Cow” di antara Banyaknya Merek yang Membosankan

“Purple Cow” disini merupakan sebuah perumpamaan yang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia “Sapi Ungu”. Pengertiannya yakni berupa suatu hal yang tidak lazim atau bisa dikatakan berbeda dengan yang lainnya.

Kebanyakan orang cenderung akan melihat sesuatu yang baru dan unik yang belum mereka lihat sebelumnya. Karena sesuatu yang biasa-biasa saja akan dianggap sebagai angin berlalu yang dengan mudah dilupakan.

3. Mempelajari Para Kompetitor untuk Menemukan Sebuah Peluang Inovasi Baru

Untuk mempelajari ini, kamu harus bisa mengamati respon para konsumen terhadap produk kompetitor. Hal ini bisa dilakukan dengan bertanya langsung maupun melihat ulasan konsumen. Kemudian kamu pelajari apa yang sekiranya menjadi daya tarik konsumen dana pa saja kelemahannya.

Dengan begitu, kamu dapat berpikir untuk menemukan suatu inovasi yang punya daya tarik serupa, namun jangan menirunya. Atau kamu dapat memanfaatkan kekurangan competitor untuk kamu perbaiki sendiri.

Baca Juga :  Surabaya, Penjual Takjil Dilarang Selama PSBB?

4. Tentukan Posisi Pasar Merek Anda

Di luar sana, ada begitu banyak kompetitor yang menawarkan produk serupa dengan produkmu. Meskipun produknya sama, pastinya akan ada beberapa perbedaan, mungkin dari segi pelayanan, cerita produk atau dari fitur desain yang digunakan.

Nah, disini tugas kalian adalah membuatnya menjadi lebih baik. Namun bukan berarti lebih baik untuk semua orang, tapi menyesuaikan dengan kebutuhan dan basis calon konsumen yang ideal. Posisi pasar merek adalah sebuah kombinasi dari apa saja yang membuat produkmu berbeda namun tetap memperhatikan kesesuaian dengan apa yang dicari oleh calon konsumen produkmu.

(DRA) Sumber.

Leave a Reply