Ingin Produktif Sepanjang Minggu? Lakukan 5 Hal Ini di Akhir Pekan

Melansir Forbes, kunci untuk menjaga produktivitas di hari kerja adalah dengan mengadopsi sedikit kebiasaan cerdas pada hari Minggu atau hari libur untuk memiliki pekan kerja yang efisien dan tidak memotong waktu libur nantinya.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan saat Minggu atau hari libur untuk meraih produktivitas sepanjang hari kerja:

  • Meluangkan satu jam untuk mengorganisir

“Luangkan waktu tidak lebih dari satu jam di hari Minggu untuk mengantisipasi hal-hal di seminggu ke depan dan terorganisir akan membantumu agar tidak terlalu pusing serta menurunkan kecemasan,” kata Psikolog, Christine M. Allen sebagaimana dikutip Forbes.

Selain itu, menurut Allen, jika seseorang ingin memiliki hari kerja yang lebih menyenangkan, lakukan hal-hal yang membuat hari kerja terasa lebih ringan dan terencana.

Misalnya adalah, mencuci, menyiapkan rencana menu sarapan atau merapikan pakaian-pakaian kerja agar saat hari kerja, anda tidak perlu mengacak-ngacak lemari untuk menemukan pakaian yang ingin dipakai.

  • Menyiapkan dan memakan makanan sehat

Hari libur juga tidak harus dimaknai dengan makanan-makanan instan atau pesta yang banyak berisi dengan makanan dan minuman tidak sehat.

“Mengonsumsi makanan berat yang tidak sehat atau alkohol di hari libur akan membuat anda mengalami food coma yang dapat membuat anda menjadi lesu pada Senin pagi,” jelas Ahli Diet Terdaftar di Torrance Memorial Medical Center, Debra Nessel.

Baca Juga :  Ingin Reopening Bisnis Kuliner? Inilah Hal-hal Yang Harus Diperhatikan

Menurutnya, hari Minggu ideal adalah mengonsumsi tiga makanan seimbang dan lezat, yang masing-masing mengandung protein tanpa lemak dan karbohidrat kompleks untuk memberi energi yang stabil.

Selain itu, juga banyak buah dan sayuran berserat tinggi untuk membantu pencernaan dan membuat kenyang

“Jangan lupa untuk tidak mengonsumsi koktail atau minuman sejenis. Isi gelas dengan banyak air,” tambahnya.

  • Memberikan makna di hari tersebut

Cara menghabiskan hari Minggu adalah pilihan setiap orang. Tidak ada yang salah dengan menghabiskan waktu libur dengan tidur dan berada di kamar sepanjang hari.

Akan tetapi, hari Senin yang lebih menyenangkan dapat diperoleh dengan mendesain hari libur atau hari Minggu dengan melakukan sesuatu yang menciptakan kepuasan diri seperti jalan-jalan hingga pergi ke alam.

“Melakukan aktivitas yang sejalan dengan nilai hidup dan menghubungkan dengan orang-orang yang disayangi selalu menghasilkan dampak positif,” kata Allen.

Misalnya, menjadwalkan yoga bersama teman-teman, menjadi relawan di komunitas. Hal-hal tersebut dapat “mengisi ulang baterai” pada jiwa dan mental sehingga saat memasuki hari Senin, ada perasaan puas dan inspirasi.

  • Konsentrasi pada hal-hal positif
Baca Juga :  Inilah Alasannya Pentingnya Rencana Keuangan Untuk Masa Depan

Seringkali tempat kerja berisikan dengan hal-hal yang tidak anda sukai.

Namun, cobalah untuk lebih fokus pada hal-hal positif yang terjadi saat kembali bekerja, seperti kesempatan untuk melemparkan ide segar kepada klien hingga sekadar tertangkap bergosip.

Jika hal tersebut menjadi masalahnya, coba untuk mengingat hari-hari di mana anda mencari pekerjaan dan seluruh kerja keras untuk memperjuangkan karier tersebut.

“Tanya dirimu kembali, apa yang telah berubah sejak saat itu? Perbedaan apa yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan perasaan itu?,”

  • Melakukan hal-hal menyenangkan

“Permainan, hobi, dan kegiatan kreatif dapat menstimulasi pemikiran kreatif, menguatkan fokus kerja, membebaskan pikiran, dan memperbaiki kepercayaan diri,” ungkap penulis buku tentang produktivitas dan efektivitas waktu, Maura Thomas.

Selain itu, menurut studi yang dipublikasikan dalam penelitian Organizational Behavior, memainkan permainan komputer, olahraga, ataupun kegiatan lainnya dapat menguatkan rasa senang yang juga berhubungan untuk meningkatkan kreativitas.

Sedangkan secara waktu, tidak ada lama yang spesifik.

“Poinnya adalah untuk tidak bekerja saat akhir pekan dan menggunakan waktu ini untuk melakukan hal lain yang melibatkan berbagai bagian otak, tetapi harus dengan menyenangkan,” tambahnya.

Leave a Reply