Ini Dia 5 Keuntungan yang Anda Dapatkan Memakai Kartu Kredit Waktu Liburan

GenBisnis – Saat musimliburan datang, sebagian besar dari kalangan yang memiliki keseharian bekerja mulai menyusun rencana perjalanan liburan mereka. Hal-hal yang perlu disiapkan tentu meliputi destinasi yang akan ingin dituju, booking tiket transportasi dan hotel, hingga menyusun alokasi dana yang akan digunakan selama berlibur.

Sebagai poin penting yang memegang kendali liburan, tentu Anda harus menyiapkan alat transaksi untuk memenuhi kebutuhan selama berwisata, baik dalam bentuk tunai maupun non-tunai. Meski kedua alat transaksi tersebut sama-sama penting, di era modern ini, penggunaan kartu kredit lebih digemari karena sifatnya yang praktis.

Namun, dari begitu banyaknya kemudahan yang diberikan kartu kredit, masih ada banyak orang yang tidak berminat menggunakan alat transaksi tersebut untuk pergi berlibur. Alasannya, karena cara kerja kartu kredit seperti utang. Mereka pun merasa khawatir dengan total tagihan yang nantinya harus dilunasi. 

Padahal, selama dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak, Anda bisa menikmati berbagai benefit yang membuat liburan menjadi lebih seru. Bahkan, menggunakan kartu kredit saat berlibur juga bisa menjadi penolong saat hal yang tak terduga terjadi. Misalnya liburan di luar negeri dan kehabisan uang atau tidak menemukan money changer, Anda bisa mengandalkan kartu kredit.

Berikut ini beberapa keuntungan lainnya yang bisa didapatkan, jika menggunakan kartu kredit selama liburan

  • MENDAPATKAN BERBAGAI PENAWARAN MENARIK

Kepopuleran kartu kredit sebagai alat pembayaran membuat para provider harus mampu bersaing guna menambah maupun mempertahankan nasabah setianya. Salah satu strateginya adalah dengan memberikan penawaran yang menarik untuk para nasabahnya.

Keuntungan dari menggunakan promo kartu kredit tidak sebatas untuk pemenuhan kebutuhan harian saja, namun juga bisa dimanfaatkan ketika berlibur.

Biasanya, bank yang menerbitkan kartu kredit memberikan diskon dari para merchant yang memiliki kerjasama dengan bank tersebut. Selain itu, cicilan 0% dan point rewards juga merupakan keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan kartu kredit.

Baca Juga :  Krisis Corona, PornHub Beri Akses Gratis Sebulan Penuh Untuk Italia

Kerjasama yang terjalin antara maskapai penerbangan dengan penerbit kartu kredit juga dapat memberikan kesempatan untuk menekan budget liburan. Biaya airport lounge, kelebihan muatan, serta konsumsi gratis, membuat pengeluaran liburan berkurang secara signifikan. Promo potongan harga tiket juga mungkin Anda dapatkan dan tentu akan sangat bermanfaat untuk merealisasikan liburan yang hemat.

  • MENJADIKAN ALAT TRANSAKSI KEDUA

Kelebihan kartu kredit yang berperan penting dalam kegiatan liburan adalah sebagai penyedia dana untuk memenuhi kebutuhan Anda, khususnya yang bersifat tidak darurat. Selama berlibur, tentu Anda akan membutuhkan uang untuk membayar tiket tempat wisata, makanan, hingga belanjaan. Untuk kebutuhan yang seperti itulah kartu kredit bisa dipergunakan.

Lalu, apa peran dari uang tunai? Tentunya untuk digunakan saat menghadapi situasi yang darurat. Karena transaksi dengan kartu kredit memerlukan prosedur yang tidak sederhana, maka saat itulah yang tepat untuk menggunakan uang tunai. Menghemat uang tunai juga perlu Anda lakukan sebab tidak semua transaksi bisa dilakukan dengan kartu kredit.

  • JAMINAN ASURANSI PERJALANAN

Meski liburan memiliki kesan menyenangkan, bukan tidak mungkin kejadian-kejadian yang tak diharapkan bisa saja terjadi. Musibah seperti mengalami kecelakaan tentu tidak bisa diprediksi.

Sebagai tindakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat berlibur tersebut, pengguna kartu kredit yang telah melakukan reservasi tiket pesawat bisa mendapatkan layanan berupa proteksi perjalanan. Apabila musibah menimpa Anda, maka biaya untuk proteksi akan mendapat perlindungan dari asuransi perjalanan.

  • MENYEDIAKAN DANA DARURAT

Berkaitan dengan poin nomor 2, meski kartu kredit lebih diutamakan penggunaannya untuk memenuhi kebutuhan normal, alat transaksi tersebut juga memiliki peran sebagai penyedia dana cadangan. Sesuai dengan perannya, dana cadangan tersebut bisa digunakan saat dihadapkan pada situasi darurat dimana Anda tidak bisa mengandalkan uang tunai, atau bahkan kehabisan uang tunai.

Baca Juga :  Kasus Pramugari Cantik Siwi Naik Ke Penyidikan

Di saat-saat sulit seperti kehabisan uang tunai, tidak menemukan ATM, atau tak menemukan money changer, tentu dapat terselamatkan dengan adanya kartu kredit. Agar kartu kredit bisa berfungsi secara maksimal sebagai dana cadangan, pastikan Anda telah menaikkan limit kartu pembayaran tersebut. Dengan demikian, masalah yang berkaitan dengan finansial saat liburan dapat diatasi menggunakan kartu kredit tersebut.

  • PRAKTIS DIGUNAKAN

Penggunaan kartu kredit yang praktis tentu akan membuat transaksi yang Anda lakukan selama berlibur menjadi lebih mudah, terutama jika destinasi liburan di luar negeri. Di negara-negara atau kota-kota yang telah tersentuh modernisasi, sebagian besar transaksi bisa dilakukan dengan kartu kredit. Sebagai contoh, apabila memilih Washington DC sebagai destinasi wisata, membayar taksi bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kartu kredit.  

Karena sifatnya yang praktis, tentu ada baiknya untuk selalu membawa kartu kredit saat berlibur. Selain tidak memakan tempat di dompet, selepas liburan, Anda bisa mengetahui rekam jejak transaksi yang telah Anda lakukan. Catatan pengeluaran tersebut tentu menjadi hal yang penting untuk evaluasi finansial pasca berlibur.

  • BANYAK KEUNTUNGAN SAAT BIJAK BERLIBUR MENGGUNAKAN KARTU KREDIT

Liburan dengan menggunakan kartu kredit terbukti memberikan banyak manfaat, bahkan bisa membuat pengeluaran liburan menjadi lebih kecil. Tentunya, keuntungan-keuntungan dari kartu kredit bisa dirasakan apabila memanfaatkannya dengan bijak.

Jadi, jangan jadikan kekhawatiran terhadap tagihan membuat Anda ragu untuk menggunakan kartu kredit saat liburan. Selama bisa bersikap bijak dalam menggunakan fasilitas kartu kredit, kondisi finansial akan tetap terkendali.

Sumber : Cermati.com

Leave a Reply