Ini dia 7 Tips Untuk Tetap Produktif Work From Home

GenBisnis – Imbauan Presiden Indonesia Jokowi Widodo untuk seluruh pekerja di Indonesia.

Agar untuk melaksanakan kerja dari rumah atau work from home (WFH). Tentunya tidak di Indonesia saja, diluar negeri pun sudah banyak yang melakukan work from home bahkan ada yang beberapa secara resmi melakukan lockdown di seluruh Negara untuk menghindari penyebaran virus corona. Langkah ini dilakukan karena Indonesia saat ini sedang terjadi wabah penularan virus virus corona yang penyebarannya sangat cepat.

            Tentunya memindahkan pekerjaan kantor menuju rumah tidaklah mudah. Dan apalagi kita belum pernah melakukan sebelumnya. Untuk karyawan yang melakukan kerja dari rumah pertama kali pasti produktivitas akan menurun, belum lagi kalau ada gangguan misal dari koneksi yang kurang stabil, alat yang kurang memadai atau gangguan anak ngajak main.

            WFH bukan menjadi masalah besar untuk yang sudah berpengalaman dalam bekerja remot. Untuk itu kami sudah merangkum 10 tips produktif work from home. Simak berikut ini

  • PASTIKAN KALIAN MEMPUNYAI KONEKSI YANG LANCAR
Baca Juga :  Gaji Dipotong ? Ini Tips Kelola Gaji

Pastinya kita harus membutuhkan koneksi yang lancar saat berada dirumah. Internet adalah kunci utama karena semua pekerjaan dilakukan secara online.

  • PASTIKAN KONEKSI AMAN

Koneksi yang dilakukanpun harus aman, karena work from home mengerjakan pekerjaan kantor yang bersifat penting. Apalagi yang berhubungan dengan data-data sensitif seperti data pelanggan, keuangan dan sejenisnya. Ini tidak boleh dikirim melalui jaringan biasa, Anda perlu menggunakan jaringan yang aman dengan VPN. Virtual Private Network adalah layanan koneksi internet secara private melalui jaringan public.

VPN memungkinkan untuk membuat jaringan yang aman dalam jaringan public. Gambaran mudahnya VPN seperti tunnel/terowongan yang dibuat secara khusus untuk mengirim dan menerima data dan informasi penting. Jadi tidak ada orang yang bisa tahu paket data yang dikirimkan, sehingga aman untuk data pekerjaan kantor Anda.

  • PASTIKAN LAPTOP DALAM KEADAAN NORMAL

Pastikan laptop dalam keadaan normal tidak mengalami kendala,

selain itu pastikan data data penting yang ada di laptop semuanya juga harus lengkap. Jika memungkinkan bawa saja computer ke rumah kalau tidak ada computer yang bisa digunakan

  • BERKOMUNIKASI DENGAN TIM
Baca Juga :  WHO Mengumumkan Virus Corona COVID-19 Resmi Pandemi

Jika saat anda bekerja di kantor komunikasi ini akan menjadi suatu hal yang krusial dalam melakukan produktivitas dan kita bisa memanggil atau berdiskusi secara langsung  dengan rekan satu tim. Tetapi disaat anda bekerja di rumah disarankan anda bisa menghubungi rekan kalian lewat komunikasi online

  • BUATLAH TARGET

Tidak akan maksimal kalau bekerja tidak memiliki target. Adanya banyak malas-malasnya. Untuk itu anda bisa menggunakan aplikasi melihat mana yang sudah sesuai target dan mana yang belum.

  • JAGA KESEHATAN ANDA

Bekerja dengan produktif dan dengan baik tentunya kalian harus menjaga kesehatan. Kita dianjurkan mengkonsumsi air mineral dengan banyak merupakan hal yang penting untuk membuat tubuhmu agar tetap fit. Asupan air mineral pun dapat membantu meningkatkan fokus kalian terhadap pekerjaan.

  • TETAPLAH SEMANGAT

tetaplah menjaga semangat kerja kalian agar produktifitas kerja tetap tinggi. Dan mood kalian tetap terjaga hingga selesai bekerja.

Sumber

Leave a Reply