Inilah Alasannya Kenapa Seorang Pebisnis Wajib Memperhatikan Kebutuhan Pelanggan

GenBisnis –  Mengetahui kebutuhan customer perlu dilakukan karena pada dasarnya customer merupakan faktor adanya dan meningkatnya angka pendapatan suatu perusahaan.

Dengan mengetahui kebutuhan customer para pelaku bisnis dapat dengan mudah menyusun strategi guna melancarkan proses penjualan produknya. Kebutuhan customer sendiri merupakan hal yang dapat dikatakan sebagai suatu kesenjangan atau pertentangan yang dialami antara suatu kenyataan dengan dorongan yang ada dalam diri seseorang.

Apabila customer merasa kebutuhannya tidak terpenuhi maka customer akan menunjukkan perilaku kecewa. Akan tetapi, jika customer merasa kebutuhannya telah terpenuhi dengan baik maka akan menunjukkan perilaku yang positif. Sehingga hal tersebut pun membuat para pelaku bisnis sangat perlu memperhatikan dan mengetahui kebutuhan customer dengan baik.

Maka dari itu, pelaku bisnis perlu memperhatikan kebutuhan konsumennya. Baik itu dengan cara menciptakan produk yang beragam, meningkatkan kualitas, dan meningkatkan pelayanan. Kira-kira, kenapa pelaku bisnis harus melakukan hal ini? Simak beberapa alasan kenapa mengutamakan kebutuhan konsumen sangat penting dilakukan:

Baca Juga :  4 Tips Mudah Untuk Mendapatkan Banyak Prospek

1. Dapat Menciptakan Produk yang Tepat Sasaran

Jika pelaku bisnis mengetahui kebutuhan konsumen dengan baik, maka produk yang diciptakan tentunya lebih tepat sasaran. Atau dengan kata lain sesuai dengan permintaan konsumen. Hal ini penting untuk menghindari produk yang tidak laku atau gagal produksi, sehingga budget dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Di sisi lain, pelaku bisnis punya kesempatan untuk menjual produk dengan harga yang tinggi guna memaksimalkan keuntungan yang diperoleh. Dan ini tentunya dapat dimaklumi oleh konsumen, karena produk terbukti memberikan kepuasan tersendiri setelah dibeli.

2. Produk yang Dijual Mempunyai Ciri Khas

Meskipun diproduksi oleh perusahaan yang berbeda, suatu produk justru memiliki beberapa kemiripan dengan produk lain. Hal ini sering terjadi dan sulit dielakkan dalam dunia bisnis.

Baca Juga :  Banyak Warga Desa Salah Paham terkait " New Normal "

Tapi, kasus ini dapat dicegah kalau Anda mengetahui kebutuhan konsumen yang sesungguhnya. Alhasil, produk yang diciptakan di kemudian hari mempunyai ciri khas yang menjadi identitas dari produk Anda.

Dengan adanya identitas, produk milik Anda jadi lebih mudah dikenali oleh konsumen. Sehingga konsumen dapat terhindar dari produk KW atau jiplakan yang dijual oleh para pesaing di luar sana.

Leave a Reply