Inilah Ciri-ciri Bahwa Kamu Belum Dewasa

GenBisnis – Memang kedewasaan seseorang tidak dapat diukur hanya berdasarkan jumlah usianya saja. Ada banyak hal yang menandakan kalau kamu sudah dewasa. Memang sih, setiap manusia itu tumbuh dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Namun, tak berarti juga proses kedewasaan itu tergantung pada usia. Sering kan kalian melihat orang yang udah berumur tapi kelakuannya masih seperti anak kecil. Nah, orang yang seperti ini belum bisa dianggap dewasa.

Sering kali kita menyamakan antara tua dan dewasa. Nyatanya, tua merupakan ukuran angka bagi usia. Sedangkan dewasa, ditunjukkan melalui sikap dan pemikiran. Jadi, bertambahnya usia belum tentu menunjukkan bahwa kamu merupakan orang dewasa. Bagaimana dengan ciri-ciri yang lain? Ini tanda-tanda kamu belum dewasa.

Baca Juga :  3 Tips Membangun Fondasi Kepercayaan Bisnis

1. Kamu masih sering memikirkan pendapat negatif dari orang lain. Padahal, semua itu bisa kamu abaikan

Pendapat orang lain belum tentu baik bagimu. Cobalah membagi pendapat orang-orang menjadi dua, yaitu yang harus diterima dan diabaikan. Jika sudah memiliki pemikiran yang dewasa, seharusnya kamu bisa mengabaikan pemikiran orang lain yang negatif bagi dirimu.

Jika pendapat negatif dari orang lain masih terus didengarkan, maka kamu akan sulit berkembang dan menjadi diri sendiri. Namun bukan berarti kamu menutup telinga atas semua pendapat orang lain. Tetaplah dengarkan pendapat orang lain yang dapat membangunmu!

Leave a Reply