Inilah Strategi dan Tantangan Menjalankan Bisnis Kuliner Ditengah Covid-19

4. Tentukan Siapa Pelanggan Anda

Cara memulai bisnis kuliner berikutnya adalah temukan siapa pelanggan Anda. Sebelum memulai sebuah usaha, sebaiknya Calon Pelaku Usaha melakukan survey pasar terlebih dahulu. Cara menemukan target pasar adalah dengan menentukan di mana lokasi jualan, siapa saja yang membutuhkan produk, berapa rentan usianya, dan bagaimana daya beli target konsumen Anda. Dari hasil survey ini bisa mengetahui berapa harga jual yang pas untuk produk dan strategi marketing yang cocok untuk usaha kuliner Anda.

5. Sambil Jalan Urus Izin Usaha Kuliner

Hal yang tidak kalah penting dalam memulai bisnis kuliner adalah legalitas atau izin usaha. Untuk usaha kuliner ada beberapa izin yang perlu dilengkapi pelaku usaha misalkan SIUP, PIRT, BPOM, Halal dan lain sebagainya. Tujuan mengurus beberapa izin ini agar pengusaha bisa dengan tenang mengedarkan dan memproses produksi secara luas dengan resmi. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari sanski administrasi seperti melanggar peraturan di bidang pangan, nama pemilik tidak sesuai dengan yang ada di sertifikat atau produk tidak aman dan tidak layak dikonsumsi.

Baca Juga :  Penambahan Libur 4 Hari, Pengusaha Gak Terima

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurus izin usaha, bisa dimulai dari mengurus SIUP dahulu. Setelah mengantongi SIUP Anda bisa mengajukan perizinan PIRT dan lainnya. Cara pengurusannya pun mudah, Anda bisa mendatangi dinas perizinan di masing-masing daerah atau melalui sistem pendaftaran izin online.

6. Temukan Supplier yang Cocok untuk Bisnis Anda

Cara memulai usaha kuliner selanjutnya adalah menemukan supplier yang cocok. Usaha kuliner tentu membutuhkan pasokan bahan baku dasar yang fresh agar bisa diolah menjadi produk jadi. Untuk itu, Calon Pelaku Usaha membutuhkan supplier yang mampu memberikan bahan baku yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Namun bagi Anda yang baru memulai, mungkin bisa melakukan sendiri dengan berbelanja ke pasar. Carilah bahan baku yang sesuai yang tidak akan memangkas keuntungan Anda tapi juga perhatikan kualitasnya.

Baca Juga :  Ini dia 7 Tips Untuk Tetap Produktif Work From Home

Jika Anda berencana ingin buka restoran sebaginya bisa langsung datang ke supplier atau produsen. Untuk mengikat supplier buatlah sistem Kerjasama kontrak di mana didalam kontrak tersebut ada perjanjian mitra akan memberikan bahan baku yang terbaik sesuai dengan harga yang disepakati dan bagaimana proses pembayaranya. Hal ini bisa menjadi jaminan agar bisnis berjalan dengan lancar dan Anda bisa mempertahankan kualitas produk Anda.

7. Buat Strategi Pemasaran Online

Jualan makanan online di era digital seperti saat ini sudah menjadi keharusan saat memulai suatu bisnis kuliner. Apalagi dengan Adanya media sosial, platform ini sangat harus Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Media Sosial menjadi metode pemasaran yang perlu dipertimbangkan lantaran dapat menghemat pengeluaran Anda. Tidak hanya itu, media sosial dapat menjangkau pelanggan dengan daya yang sangat besar. Jadi maksimalkan pemasaran bisnis Anda melalui Facebook, Instagram, Twitter dan platform media sosial lainnya.

Leave a Reply