Inilah Strategi dan Tantangan Menjalankan Bisnis Kuliner Ditengah Covid-19

Selain itu, pemasaran melalui marketplace online juga channel yang tepat untuk berjualan. Di kondisi seperti ini marketplace adalah salah satu platform jualan yang sangat bisa diandalkan. Karena orang-orang lebih memilih melakukan jual-beli melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain sebagainya. Hal ini karena caranya yang mudah dan praktis selain itu keamanannya juga dijamin oleh platform marketplace masing-masing. Namun jika Anda berminat ingin membuka lapak di online marketplace sebaiknya pahami dahulu regulasi, syarat dan ketentuannya

8. Buat SOP Pelayanan kepada Pembeli

Unsur pertama yang membuat bisnis Anda sukses adalah bagaimana Anda memperlakukan pelanggan Anda. Sebuah Usaha penting memiliki standarisasi pelayanan konsumen untuk menjaga kredibilitas. Sering kali yang terjadi dilapangan dari kegagalan pebisnis mereapka pelayanan yang baik adalah karena tidak adanya pengetahuan mereka tentang standarisasi tersebut. Beberapa standar pelayanan konsumen yang harus dipenuhi ini adalah seperti kualitas pelayanan, kebersihan, penampilan karyawan, cara berkomunikasi kepada customer dan masih banyak hal lainnya.

Baca Juga :  Jenuh Saat Bekerja? Atasi Dengan Cara ini Agar Semangatmu Kembali Lagi

Sebagai pengusaha Anda perlu memperhatikan itu semua agar kosnumen puas. Berangkat dari kepuasan itulah akan tumbuh rasa kesetiaan customer terhadap bisnis Anda. Bahkan akan sangat mungkin muncul potensial customer yang juga ikut melirik bisnis Anda.

9. Tentukan Cara Distribusi yang Efektif

Mendistribusikan produk merupakan salah satu jantung dalam berbisnis. Penting sekali bagi pelaku usaha mengetahui pola-pola distribusi agar dapat meningkatkan penjualan hingga beberapa kali lipat. Sebenarnya ada beberapa pola distribusi yang bisa Anda lakukan, seperti strategi retailer, strategi distributor, strategi sales representative, strategi website dan fulfillmeny orders.

Strategi retailer adalah jalur distribusi terakhir sebelum produk diterima konsumen. Contoh mudahnya seperti menjadi supplier barang toko kelontong, mini market atau super martket. dengan strategi ini Anda bisa memberikan harga khusus biasanya 50-55% dari harga jual ke konsumen.

Strategi distributor adalah jalur distribusi yang berikan ke distributor selanjutnya barang akan disalurkan ke produsen melalui retail-retail yang bekerjasama dengan distributor tersebut. Harga distributor umumnya lebih rendah 10-20% dari harga khusus atau sekitar 60-70% dari harga jual ke konsumen.

Baca Juga :  Pemprov Jabar Manfaatkan Lab Berjalan Untuk Lakukan 300 Ribu Tes Virus Corona

Strategi sales representative lebih menekankan pada pemberian komisi untuk sales yang berhasil menjual produk Anda. Misalkan Anda memiliki 1-20 orang sales, jika mereka berhasil menjual produk , mereka bisa mendapatkan 2-10% dari harga jual produk.

Strategi website adalah cara distribusi menggunakan channel-channel digital seperti toko online (e-commerce), marketplace online, social media, dll. Harga yang ditetapkan bisa sesuai dengan harga jual ke konsumen akhir.

Terakhir adalah Fulfillment order merupakan cara yang paling umum digunakan pebisnis pemula yaitu menjual barang langsung ke customer dan mengantarkannya secara manual. Dengan strategi ini Anda bisa bekerja sama dengan beberapa jasa pengantaran barang agar proses pengirimannya cepat.

Itulah beberapa cara memulai usaha kuliner. Untuk tantangan umum yang dihadapi pelaku usaha ujung-ujungnya adalah masalah pemasaran untuk itu pastikan Anda sudah memiliki strategi bisnis yang tepat.

(EK) Sumber

Leave a Reply