Jadi Leader Yang Solutif di Tengah Ketidakpastian

Genbisnis, Jakarta – Berada dalam kondisi tidak pasti selama masa pandemi terjadi di seluruh dunia. Begitu pula dengan di Indonesia, yang telah berbulan-bulan bergelut degan pandemi covid-19. Sejak konfirmasi kasus covid-19 pada awal tahun, Indoneia sudah melalui masa sulit hingga kemudian mengumumkan memasuki masa resesi. Berhasil atau tidak masyarakat bertahan dalam kondisi ini masih terus menjadi pehatian.

Namun, perbedaan antara berhasil dan gagal selama masa-masa ini adalah cerminan langsung dari seberapa cepat Anda dapat beradaptasi dengan perubahan.

Raul Villacis telah melatih kliennya para CEO dan wirausahawan setiap hari sejak pandemi dimulai, tentang cara beradaptasi, penyesuaian, dan mengeksekusi rencana.

Dan salah satu pola terbesar yang memisahkan mereka yang sukses dari mereka yang gagal adalah jumlah kepastian yang mereka berikan kepada klien, karyawan, dan bahkan keluarga mereka

Baca Juga :  Wow! Balas Pesan WA Bisa Otomatis Seperti WA Business, Berikut Caranya

Kepastian tidak berarti Anda tahu apa yang harus dilakukan. Kepastian berarti Anda tahu bahwa Anda akan memikirkan sesuatu.

Berikut adalah lima hal penting yang dilakukan oleh para pengusaha yang sukses di pasar saat ini untuk meningkatkan tingkat kepastian mereka, seperti dikutip melalui Entrepreneur.

1. Jangan mencoba menyenangkan semua orang.

Tidak mungkin menyenangkan semua orang. Ketika Anda seorang pemimpin, Anda memahami bahwa tidak semua orang akan setuju dengan Anda. Kebanyakan orang terperangkap oleh rasa takut, dan mereka ingin Anda juga merasakan hal yang sama.

Anda dapat menghargai pendapat orang lain dan tetap melakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk memimpin. Butuh empati untuk memahami sudut pandang mereka, tetapi cukup percaya pada diri sendiri untuk bertindak ketika orang lain ragu-ragu.

Baca Juga :  Berbisnis ? Ini Skill Yang Harus Kamu Miliki

Ada dua hal yang perlu Anda miliki untuk menjadi pemimpin yang efektif: empati dan kepercayaan. Bukan tugas Anda untuk meyakinkan semua orang. Sebagai seorang pemimpin, tugas Anda adalah terus membuat keputusan yang akan memperluas visi Anda.

Leave a Reply